Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/09/2021, 12:48 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Tahukah kamu siapa sosok dibalik penemu ponsel yang membuat komunikasi kini menjadi lebih mudah?

Setelah pesawat telepon ditemukan pertama kali pada tahun 1876 oleh ilmuwan kelahiran Skotlandia, Alexander Graham Bell, telepon seluler akhirnya ditemukan pertama kali oleh seorang veteran perang berkebangsaan Amerika Serikat, Martin Marty Cooper.

Merangkum platform edukasi Kelas Pintar, Cooper yang lahir pada 26 Desember 1928 di Chicago, Illinois, Amerika Serikat itu merupakan lulusan sarjana di bidang Electrical Engineering pada tahun 1950.

Lalu, ia menjadi pemimpin tim insinyur dari Motorola sebagai direktur Penelitian dan Pengembangan.

Baca juga: 5 Negara Paling Santai di Dunia, Indonesia Peringkat Pertama

Cooper memiliki tugas mengembangkan perangkat genggam ponsel yang berbeda dari telepon mobil (Car Phone). Cooper juga merupakan CEO dan pendiri ArrayComm, sebuah perusahaan yang bekerja dalam penelitian teknologi Smart Antena dan mengembangkan jaringan nirkabel, dan merupakan direktur Penelitian dan Pengembangan Motorola.

Perjalanan Martin Cooper membuat handphone

Sambil bekerja, Cooper lantas mengambil Pendidikan magisternya dan pada tahun 1957 berhasil menerima gelar Magister dalam bidang rekayasa elektronika dari Illinois Institute of Technology.

Pada tahun 1960, ia berperan penting dalam mengubah lembaran teknologi informasi yang sebelumnya terbatas digunakan dalam satu bangunan tunggal menjadi semakin luas yang dapat menghubungkan antar kota.

Salah satu prestasi kerjanya adalah saat ia membantu memperbaiki cacat dalam kristal Motorola yang dibuat untuk radio. Hal ini mendorong perusahaan untuk memproduksi massal kristal kuarsa pertama untuk digunakan dalam jam tangan quartz.

Baca juga: Beasiswa S1 Oxford-Cambridge 2022, Kuliah Gratis dan Tunjangan Hidup

Pada tahun 1970-an, John F. Mitchell yang merupakan kepala insinyur proyek komunikasi portabel Motorola memberi tanggung jawab pada Cooper di divisi telepon mobil (Carphone).

Mitchell dan Cooper membayangkan sebuah produk komunikasi yang kecil dan cukup ringan untuk menjadi alat portabel. Keduanya, membutuhkan waktu 90 hari pada tahun 1972 untuk menciptakan prototipe pertama dari ide tersebut.

Panggilan pertama dengan handphone

Cooper, Mitchell dan para insinyur lainnya akhirnya mematenkan penemuan “Radio Telephone System” yang diajukan pada 17 Oktober 1973 dengan nomor paten 3906166 dan disetujui pada September 1975 atas nama mereka.

Cooper dianggap sebagai penemu pertama telepon genggam seluler (handphone) pertama dan orang pertama yang melakukan panggilan dengan prototipe ponsel genggam seluler tersebut pada 3 April 1973.

Kejadian yang bersejarah tersebut disaksikan di muka umum di depan wartawan dan orang orang yang lewat di jalan kota New York.

Panggilan pertama ditujukan kepada Dr. Joel S. Engel, kepala riset di Bell Labs. Panggilan pertama tersebut sebagai penanda mulainya pergeseran fundamental teknologi dan pasar komunikasi ke arah komunikasi telepon yang portabel di mana seseorang dapat langsung berkomunikasi langsung dengan orang lain, tidak lagi mengandalkan telepon rumah.

Martin Cooper kemudian mengungkapkan bahwa ia mendapat ide untuk mengembangkan ponsel setelah menonton Kapten Kirk yang menggunakan suatu alat komunikator pada acara serial televisi Star Trek. Hingga pada akhirnya, Cooper digelari sebagai "Bapak Telepon Selular (Ponsel)"

Baca juga: Beasiswa S1-S2 di Australia 2022, Senilai Rp 106 Juta Per Tahun

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com