Kompas.com - 19/09/2021, 20:14 WIB
Ilustrasi mahasiswa internasional di Inggris. (DOK. BRITISH COUNCIL) Ilustrasi mahasiswa internasional di Inggris.

KOMPAS.com - Mahasiswa baru, selama pandemi Covid-19 tentu kalian masih terus menerapkan perkuliahan online. Namun saat ini, beberapa kampus mulai membuka opsi kuliah tatap muka.

Artinya, kalian akan berinteraksi dengan teman kuliah hingga dosen lebih dekat ketimbang melalui online. Tentunya, saat di kelas nanti ada kebutuhan untuk berkomunikasi dengan dosen semakin meningkat ketika ada tugas dibanding online.

Baca juga: Robot Penyelam Karya Mahasiswa ITS Borong 6 Penghargaan

Namun untuk menghubungi dosen ada etika yang harus dipahami oleh mahasiswa. Berbeda saat kamu mendapat perkuliahan dari dosen secara online. Termasuk, kamu harus paham jika menghubungi dosen tentunya tidak mungkin menggunakan bahasa santai di pergaulan sehari-hari.

Supaya tidak menyinggung dosen, baik saat tatap muka atau menghubungi online, ada tips untuk kamu bagaimana menghubungi dosen yang baik dan sopan.

Dikutip dari Twitter resmi Ditjen Diktiristek Kemendikbud Ristek, berikut ini adalah hal-hal penting yang perlu diperhatikan ketika mengirim pesan kepada dosen agar mahasiswa tidak perlu lagi takut ataupun bingung.

1. Cari Waktu yang Tepat

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pastikan waktu yang kamu pilih merupakan jam kerja. Jangan terlalu malam agar tidak mengganggu. Pastikan juga kamu tidak terus-terusan mengirim pesan dalam waktu yang berdekatan. Tunggu hingga dosenmu membalas. 

2. Ucapkan Salam Terlebih Dahulu

Sangat penting bagi mahasiswa mengucapkan salam. Jangan langsung to the point menulis apa yang kamu hendaki dari dosen. Mengucapkan salam, bagian dari etika. 

Baca juga: Mahasiswa, Kemendikbud Ristek Beri 6 Kiat Mendapatkan Beasiswa

Entah ke dosen, keluarga, teman, salam adalah hal utama saat bertemu. Ucapkan salam di awal kalimat dengan menyesuaikan waktu dalam mengirim pesan

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.