Kompas.com - 20/09/2021, 15:26 WIB
Ilustrasi COVID-19 Ilustrasi COVID-19
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Terpapar virus corona akan membawa efek berbeda bagi masing-masing orang. Bisa tanpa gejala atau biasa disebut Orang Tanpa Gejala (OTG) atau bisa juga mengalami gejala ringan, sedang hingga berat.

Bahkan pada beberapa kasus virus Covid-19, pasien masih merasakan gejala meski sudah dinyatakan negatif.

Jika gejala ini terus terjadi lebih dari 3 bulan, pasien bisa saja mengalami long Covid-19.

Dokter spesialis paru Rumah Sakit Universitas Airlangga (RSUA) Alfian Nur Rosyid menjelaskan, long Covid-19 merupakan gejala sisa dari virus Covid-19.

"Long Covid-19 itu berarti pasien sudah sembuh dari Covid-19, namun masih memiliki tanda atau gejala sisa virus tersebut," kata Alfian Nur Rosyid seperti dikutip dari laman Universitas Airlangga, Senin (20/9/2021).

Baca juga: Beasiswa S1 Telkom University, Bebas Biaya Pendidikan Sampai Lulus

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Keluhan pada pasien long covid-19

Menurut dia, long Covid-19 dapat terjadi di pernapasan. Misalnya keluhan pada pernapasan seperti masih batuk, masih berdahak dan juga sesak.

Selain masalah pernapasan, dokter sekaligus dosen Fakultas Kedokteran (FK) Unair ini menerangkan, pasien long Covid-19 dapat mengalami keluhan pada organ lain.

Contohnya badan terasa capek, lemas, rasa sakit kepala, diare dan lain-lain. Namun demikian, intensitasnya bisa jauh lebih berkurang dibandingkan ketika pasien masih terjangkit virus corona.

Alfian menyampaikan, long Covid-19 dapat terjadi sebanyak 1/3 sampai 2/3 kasus. Jumlah tersebut lebih banyak dibanding gejala sisa pada wabah SARS dan MERS.

"Di beberapa jurnal dan literatur disebutkan bahwa penyebab long Covdi-19 berhubungan dengan faktor usia. Pada pasien penyintas Covid-19 yang usianya tua, misalnya 80 tahun. Dia masih bisa bergejala (long Covid-19)," tandas Alfian.

Baca juga: 4 Jurusan Kuliah dengan Peluang Gaji Besar

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.