Kompas.com - 23/09/2021, 18:06 WIB
Ilustrasi robot yang menggantikan fungsi manusia. Thinkstockphotos.comIlustrasi robot yang menggantikan fungsi manusia.
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Puspresnas Kemdikbud Ristek) kembali menyelenggarakan ajang Kontes Robot Indonesia (KRI).

Tahun 2021, ada sebanyak 278 tim robot dari 107 perguruan tinggi di Indonesia siap berkompetisi dalam ajang ini.

Karena masih dalam kondisi pandemi Covid-19, kompetisi ini digelar secara daring mulai 22 September hingga 1 Oktober 2021 dan Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta ditunjuk sebagai tuan rumah penyelenggara.

Melansir dari situs resmi UGM, Kamis (23/9/2021), KRI Wilayah dikelompokkan dalam dua bagian yakni KRI Wilayah I dan KRI Wilayah II. Dalam KRI Wilayah I diikuti 140 tim mahasiswa dari 54 perguruan tinggi di wilayah Indonesia bagian Barat.

Baca juga: UM Surabaya Berikan Beasiswa bagi Putra-Putri Perawat dan Bidan

Fasilitasi minat mahasiswa di bidang robotika

Kemudian pada KRI Wilayah II diikuti 138 tim mahasiswa dari 53 perguruan tinggi di wilayah Indonesia bagian Timur.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Koordinator Pokja Dikti Puspresnas, Rizal Alfian, mengatakan, KRI merupakan kontes robotika tahunan yang ditujukan untuk memfasilitasi minat, ide, serta kreativitas mahasiswa dalam bidang teknologi robotika.

Dia berharap nantinya mahasiswa tidak hanya bersemangat mengembangkan robot untuk kontes robot saja. Namun, mahasiswa juga diharapkan memiliki semangat juang dalam memberikan solusi terhadap problematika di masyarakat.

"Dari KRI ini menunjukkan bahwa Indonesia memiliki segudang talenta di bidang robotika," ujar Rizal seperti dikutip dari laman UGM. Dia berharap, kedepan hasil dari ajang ini bisa digiring ke industri sehingga bisa memberikan manfaat dan menawarkan solusi akan persoalan di masyarakat melalui robot dan teknologi.

Baca juga: 8 dari 10 Universitas Terbaik di Dunia Ada di Amerika Serikat

Rizal tidak lupa menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh perguruan tinggi yang telah berpartisipasi di KRI 2021 dan memfasilitasi mahasiswa mengembangkan minat di bidang robotika. Termasuk kepada UGM sebagai tuan rumah penyelenggara KRI 2021.

Tantangan lomba robotika secara daring

Salah satu dewan juri KRI, Prof. Benyamin Kusumoputro menambahkan, tahun 2021 menjadi tahun kedua penyelenggaraan KRI secara daring.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.