Kompas.com - 27/09/2021, 08:45 WIB
Ilustrasi CV, portofolio adalah, apa itu portofolio, arti portofolio. SHUTTERSTOCKIlustrasi CV, portofolio adalah, apa itu portofolio, arti portofolio.
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Banyak hal yang perlu disiapkan saat mencari pekerjaan. Salah satu yang terpenting yakni membuat Curriculum Vitae (CV) yang langsung dilirik perusahaan yang diincar.

Saat ini trend baru yaitu curriculum vitae (CV) ATS. Applicant Tracking System (ATS) sudah digunakan beberapa perusahan untuk menyaring CV pelamar kerja yang masuk di perusahaan.

Adanya sistem ini para pelamar kerja perlu membuat CV yang ramah ATS sehingga bisa lolos tahap seleksi CV.

Alumnus Universitas Airlangga (Unair) Restu Bagus Wicaksono membagikan tips membuat CV agar langsung dilirik perusahaan incaran.

Baca juga: Unesa-UMM Kembangkan Aplikasi bagi Mahasiswa Berkebutuhan Khusus

Pria yang juga menjabat sebagai Founder and Chief Eecutive Officer dari Karircare Indonesia ini menerngkan, CV ATS adalah CV yang mengikuti aturan standar format ATS.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut dia, fungsi dari ATS ini sendiri adalah untuk menyaring secara otomatis CV yang masuk ke e-mail perusahaan.

Sehingga tidak perlu tenaga manusia untuk menyaring ratusan atau bahakan ribuan CV yang masuk.

"Perusahaan sudah install sistem tersebut dan nanti semua CV yang masuk ke email lamaran mereka itu secara otomatis akan disaring oleh sistemnya tanpa dilihat oleh eichar lagi," terang Restu Bagus seperti dikutip dari laman Unair, Minggu (26/9/2021).

Baca juga: Ini Ciri dan Dampak Toxic Relationship Menurut Guru Besar UGM

Dia memberi contoh, dari 1.000 CV yang masuk, ATS akan memfilter CV yang sesuai dengan requirements, keyword, dan lain-lain.

"Ujung-ujungnya nanti hanya 100 atau 200 CV yang lolos," imbuh Bagus dalam acara pelatihan karier yang diselenggarakan Direktorat Pengembangan Karier, Inkubasi, Kewirausahaan, dan Alumni (DPKKA) Unair.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.