Kompas.com - 28/09/2021, 15:00 WIB
Buku Seri Pengembangan Imajinasi: Seluk-Beluk Tubuh Manusia DOK. GrasindoBuku Seri Pengembangan Imajinasi: Seluk-Beluk Tubuh Manusia

Penulis: Maria Silabakti (Editor Grasindo)

KOMPAS.com - Anak-anak yang sedang tumbuh dan berkembang memiliki banyak pertanyaan kepada orangtua dan guru tentang hal-hal yang terjadi di sekeliling mereka dan yang terjadi pada diri sendiri.

Mereka suka sekali bertualang ke dunia yang sama sekali baru setiap harinya. Mulai dari bunga dan pohon yang sederhana, sampai tutup botol yang jatuh ke tanah dan semut-semut yang membawa remah-remah roti.

Semua itu adalah dunia baru yang menakjubkan bagi anak-anak. Mereka yang baru pertama kali melihat hal-hal itu pasti akan bertanya, Mengapa? atau Mengapa seperti itu?

Baca juga: Buku Ada Alien di Luar Angkasa? Sajikan Fakta Menarik Alam Semesta

Di antara sekian banyak pertanyaan mengapa, mereka paling sering bertanya tentang hal-hal yang berkaitan dengan tubuh mereka.

Tertawa, menguap, dan bergerak adalah kegiatan yang sangat normal bagi orang dewasa. Akan tetapi, rasa penasaran anak-anak akan semakin berkembang dimulai dari keingintahuan mereka tentang tubuh manusia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mengapa mata kita berkedip? mengapa mata kita ada dua? mengapa alis kita tidak bertambah panjang seperti rambut di kepala? mengapa kita dapat mabuk perjalanan saat naik mobil? mengapa perut kita berbunyi kriuk saat lapar?

Atau pertanyaan lain, misalnya mengapa tubuh kita panas saat flu? bagaimana kita dapat merasakan sakit? mengapa kita harus tidur? mengapa kita mempunyai sidik jari? mengapa warna kulit manusia berbeda-beda? mengapa kita harus divaksinasi? mengapa kita harus sering cuci tangan?

Deretan pertanyaan ini, kadang bisa dijawab sebagian orangtua. Namun kadangkala orangtua bingung bagaimana ya cara menjelaskan secara sederhana kepada anak-anak.

Biar mudah, orangtua bisa membaca bersama anak melalui buku Seri Pengembangan Imajinasi: Seluk-Beluk Tubuh Manusia. Buku ini, dapat menjadi panduan bagi anak-anak berkaitan dengan tubuh manusia.

Baca juga: Lewat Komik Ini, Anak Bisa Belajar Sains Lebih Seru di Rumah

Halaman:
Baca tentang


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.