Kompas.com - 29/09/2021, 16:25 WIB
Ilustrasi profesi ShutterstockIlustrasi profesi
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Dalam menentukan jurusan kuliah tentu membutuhkan banyak pertimbangan. Salah satunya prospek kerja menjanjikan setelah lulus di perguruan tinggi.

Dengan memilih jurusan yang tepat, akan mempermudah juga mencari pekerjaan setelah lulus. Di Indonesia, ada lulusan dari sejumlah jurusan yang berpeluang memiliki penghasilan tinggi.

Namun besarnya penghasilan yang diperoleh tiap bulan ini juga sesuai dengan beratnya masa studi saat kuliah dan tanggung jawab pekerjaannya.

Merangkum dari laman Ruang Guru, Rabu (29/9/2021), jika kamu ingin memilih jurusan yang lulusannya memiliki gaji tinggi, cermati beberapa jurusan kuliah berikut ini.

Baca juga: Satoria Agro Industri Buka Lowongan Kerja Lulusan D3-S1, Ayo Daftar

1. Kedokteran

Kedokteran masih menjadi salah satu jurusan kuliah paling favorit dipilih calon mahasiswa. Saat ini ada banyak universitas baik negeri maupun swasta menyediakan Fakultas Kedokteran dengan berbagai akreditasi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Setelah sah menjadi seorang dokter, memberikan kesempatan luas untuk mendapatkan penghasilan tinggi. Bahkan gaji dokter di sebuah rumah sakit swasta bisa mencapai puluhan juta rupiah per bulannya. Apalagi kalau menjadi dokter spesialis.

Selain bekerja di rumah sakit, lulusan kedokteran juga bisa membuka klinik atau tempat praktik sendiri. Sehingga kamu bisa mendapat penghasilan tambahan lagi.

2. Teknik Perminyakan

Menurut survei yang dilakukan oleh PayScale terhadap lulusan dari berbagai program studi jenjang sarjana di Amerika Serikat, menempatkan Teknik Perminyakan di urutan pertama.

Walaupun industri minyak dan gas dunia sedang melesu dan prospek kerja ke depan dari perminyakan diprediksi menurun, namun jurusan Teknik Perminyakan masih mencatat penghasilan tertinggi bagi para lulusannya.

Baca juga: Ide Unik Mahasiswa UMM, Ajak Warga Mandiri dengan Produk Susu Panggang

3. Informatika atau Programmer

Di era serba digitalisasi saat ini, tentu sarjana informatika atau Teknik Informatika (TI) sangat banyak dibutuhkan perusahaan. 

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.