Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lulusan dari 9 Jurusan Kuliah Ini Berpeluang Miliki Gaji Besar

Kompas.com - 29/09/2021, 16:25 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dalam menentukan jurusan kuliah tentu membutuhkan banyak pertimbangan. Salah satunya prospek kerja menjanjikan setelah lulus di perguruan tinggi.

Dengan memilih jurusan yang tepat, akan mempermudah juga mencari pekerjaan setelah lulus. Di Indonesia, ada lulusan dari sejumlah jurusan yang berpeluang memiliki penghasilan tinggi.

Namun besarnya penghasilan yang diperoleh tiap bulan ini juga sesuai dengan beratnya masa studi saat kuliah dan tanggung jawab pekerjaannya.

Merangkum dari laman Ruang Guru, Rabu (29/9/2021), jika kamu ingin memilih jurusan yang lulusannya memiliki gaji tinggi, cermati beberapa jurusan kuliah berikut ini.

Baca juga: Satoria Agro Industri Buka Lowongan Kerja Lulusan D3-S1, Ayo Daftar

1. Kedokteran

Kedokteran masih menjadi salah satu jurusan kuliah paling favorit dipilih calon mahasiswa. Saat ini ada banyak universitas baik negeri maupun swasta menyediakan Fakultas Kedokteran dengan berbagai akreditasi.

Setelah sah menjadi seorang dokter, memberikan kesempatan luas untuk mendapatkan penghasilan tinggi. Bahkan gaji dokter di sebuah rumah sakit swasta bisa mencapai puluhan juta rupiah per bulannya. Apalagi kalau menjadi dokter spesialis.

Selain bekerja di rumah sakit, lulusan kedokteran juga bisa membuka klinik atau tempat praktik sendiri. Sehingga kamu bisa mendapat penghasilan tambahan lagi.

2. Teknik Perminyakan

Menurut survei yang dilakukan oleh PayScale terhadap lulusan dari berbagai program studi jenjang sarjana di Amerika Serikat, menempatkan Teknik Perminyakan di urutan pertama.

Walaupun industri minyak dan gas dunia sedang melesu dan prospek kerja ke depan dari perminyakan diprediksi menurun, namun jurusan Teknik Perminyakan masih mencatat penghasilan tertinggi bagi para lulusannya.

Baca juga: Ide Unik Mahasiswa UMM, Ajak Warga Mandiri dengan Produk Susu Panggang

3. Informatika atau Programmer

Di era serba digitalisasi saat ini, tentu sarjana informatika atau Teknik Informatika (TI) sangat banyak dibutuhkan perusahaan. 

Berdasarkan survei gaji 2018 yang dilakukan oleh National Associattion of Colleges and Employers (NACE), rata-rata gaji programmer yang baru lulus di Amerika bisa mencapai Rp 919 juta per tahun. Sedangkan di Inggris, gaji yang didapatkan sekitar Rp 610 juta per tahun.

Beberapa sektor di bidang TI juga bisa mendapatkan gaji awal yang lebih tinggi seperti bidang software development, web development, atau network.

4. Akuntansi

Tidak hanya pada level atas, level pemula dari jenjang karier di bidang ini juga menjanjikan penghasilan cukup baik. Berdasarkan survei yang sama dari NACE di tahun 2018, lulusan S1 jurusan Akuntansi di Amerika bisa mendapat rata-rata gaji awal di angka sekitar Rp 708 juta per tahun. Sedangkan di Inggris di angka sekitar Rp 494 juta per tahun.

Baca juga: UKS Jadi Garda Terdepan Cegah Penyebaran Covid-19 di Sekolah

5. Teknik Kimia

Prospek kerja dari lulusan program studi Teknik Kimia cukup luas. Lulusannya bisa bekerja di industri makanan, kosmetik, pupuk, semen, gula, farmasi, gas, obat-obatan, pengolahan minyak dan lainnya.

Pada umumnya, perusahaan-perusahaan yang membutuhkan karyawan dari lulusan ini akan memberikan gaji yang besar dan cukup menjanjikan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com