Kompas.com - 30/09/2021, 06:46 WIB
Ilustrasi perguruan tinggi ShutterstockIlustrasi perguruan tinggi
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Semua anak berhak mendapatkan layanan pendidikan. Namun, fakta di lapangan, faktor ekonomi kerap menjadi alasan seseorang terpaksa berhenti di tengah jalan dalam menempuh studinya.

Jika kamu memiliki prestasi tetapi terkendala masalah ekonomi, mencari beasiswa menjadi langkah paling tepat.

Bagi lulusan SMA yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi tetapi kesulitan finansial, ada beberapa program beasiswa yang bisa kamu manfaatkan lho.

Merangkum dari laman Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta (uta45jakarta), Rabu (29/9/2021), lulusan SMA yang ingin melanjutkan pendidikan ke universitas, tidak perlu khawatir karena ada beberapa program beasiswa yang diberikan pemerintah ataupun swasta.

Baca juga: Satoria Agro Industri Buka Lowongan Kerja Lulusan D3-S1, Ayo Daftar

Berikut beasiswa kuliah untuk lulusan SMA yang bisa kamu daftar untuk kuliah di dalam negeri.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Beswan Djarum

Beswan Djarum adalah beasiswa yang paling populer di Indonesia dan peminatnya juga meningkat dari tahun ke tahun.

Beasiswa ini diberikan Djarum Foundation dan sudah ada sejak tahun 1984 lalu. Jika kamu berhasil lolos mendapatkan beasiswa ini, tidak hanya mendapat biaya atau dana kuliah selama satu tahun. Kamu juga akan mendapatkan berbagai macam pelatihan dan pengembangan diri.

Contohnya pelatihan nation building, character building, leadership development, competition challenger, dan ada pula international exposure.

Baca juga: Lulusan dari 9 Jurusan Kuliah Ini Berpeluang Miliki Gaji Besar

Sampoerna Foundation

Beasiswa dari Sampoerna Foundation ini juga termasuk beasiswa kuliah di dalam negeri yang banyak diminati banyak calon mahasiswa.

Program beasiswa ini memiliki tujuan untuk para pelajar di Indonesia yang memiliki prestasi gemilang. Untuk mendapatkan beasiswa ini, kamu harus memiliki tekad dan semangat yang tinggi untuk membangun negeri di masa mendatang.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.