Kompas.com - 30/09/2021, 07:30 WIB
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Menguasai Bahasa Inggris menjadi suatu hal wajib yang dimiliki mahasiswa. Selain bisa menunjang di dunia kerja, penguasaan Bahasa Inggris ini juga menjadi syarat penting jika ingin melanjutkan pendidikan ke luar negeri.

Untuk mengukur kemampuan berbahasa Inggris, ada beberapa tes yang bisa diikuti. Salah satu yang paling populer adalah tes TOEFL.

TOEFL atau Test of English as a Foreign Language merupakan ujian umum terkait kompetensi bahasa Inggris yang menguji kemampuan dan kefasihan.

Untuk sekali mengikuti tes TOEFL butuh biaya tak sedikit. Sehingga sangat penting mengetahui bagaimana cara berhasil lolos tes TOEFL bersertifikat resmi.

Baca juga: Psikolog UGM Ungkap Gejala Depresi dan Cara Mencegah Orang Bunuh Diri

Melansir dari laman konsultan pendidikan ICAN Education, Rabu (29/8/2021), untuk mengerjakan soal ujian TOEFL, kamu harus punya kemampuan memahami soal sekaligus mengetahui bagaimana cara mengerjakannya.

Jika kamu punya kemampuan bahasa Inggris, akan lebih mudah mengerjakan berbagai soal tersebut.

Tips hadapi tes TOEFL bersertifikat

Jika kamu sedang mempersiapkan diri menghadapi tes TOEFL, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan. Yuk simak ulasan berikut ini.

1. Ikut kursus

Kamu bisa ikut kursus TOEFL pada berbagai lembaga pendidikan yang banyak tersedia di internet. Selain itu kamu juga bisa menggunakan sumber belajar di sekitar mulai dari buku, internet, perpustakaan, atau lainnya untuk mencari macam-macam soal latihan TOEFL lengkap dengan pembahasannya.

Karena tes resmi TOEFL tidak murah, bahkan mencapai jutaan rupiah sehingga persiapan menghadapi tes ini penting dilakukan. Agar uang tersebut tidak sia-sia, persiapkan rencana ambil tes TOEFL ini secara matang dengan belajar secara optimal.

Baca juga: Kegiatan Perkuliahan Tatap Muka Bukan Untuk Euforia

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.