Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Sukses Hadapi Tes TOEFL Bersertifikat Resmi

Kompas.com - 30/09/2021, 07:30 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menguasai Bahasa Inggris menjadi suatu hal wajib yang dimiliki mahasiswa. Selain bisa menunjang di dunia kerja, penguasaan Bahasa Inggris ini juga menjadi syarat penting jika ingin melanjutkan pendidikan ke luar negeri.

Untuk mengukur kemampuan berbahasa Inggris, ada beberapa tes yang bisa diikuti. Salah satu yang paling populer adalah tes TOEFL.

TOEFL atau Test of English as a Foreign Language merupakan ujian umum terkait kompetensi bahasa Inggris yang menguji kemampuan dan kefasihan.

Untuk sekali mengikuti tes TOEFL butuh biaya tak sedikit. Sehingga sangat penting mengetahui bagaimana cara berhasil lolos tes TOEFL bersertifikat resmi.

Baca juga: Psikolog UGM Ungkap Gejala Depresi dan Cara Mencegah Orang Bunuh Diri

Melansir dari laman konsultan pendidikan ICAN Education, Rabu (29/8/2021), untuk mengerjakan soal ujian TOEFL, kamu harus punya kemampuan memahami soal sekaligus mengetahui bagaimana cara mengerjakannya.

Jika kamu punya kemampuan bahasa Inggris, akan lebih mudah mengerjakan berbagai soal tersebut.

Tips hadapi tes TOEFL bersertifikat

Jika kamu sedang mempersiapkan diri menghadapi tes TOEFL, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan. Yuk simak ulasan berikut ini.

1. Ikut kursus

Kamu bisa ikut kursus TOEFL pada berbagai lembaga pendidikan yang banyak tersedia di internet. Selain itu kamu juga bisa menggunakan sumber belajar di sekitar mulai dari buku, internet, perpustakaan, atau lainnya untuk mencari macam-macam soal latihan TOEFL lengkap dengan pembahasannya.

Karena tes resmi TOEFL tidak murah, bahkan mencapai jutaan rupiah sehingga persiapan menghadapi tes ini penting dilakukan. Agar uang tersebut tidak sia-sia, persiapkan rencana ambil tes TOEFL ini secara matang dengan belajar secara optimal.

Baca juga: Kegiatan Perkuliahan Tatap Muka Bukan Untuk Euforia

2. Motivasi harus kuat

Cari motivasi terbesarmu mengapa ingin mengambil tes TOEFL resmi sampai harus punya sertifikatnya. Misalnya karena punya target rencana kuliah di universitas impian di luar negeri dalam dua tahun ke depan.

Atau ingin ikut tes TOEFL karena ada beasiswa yang sedang diincar untuk studi S2 atau S3 fully funded. Hal ini penting karena akan mendorong belajar disiplin. Selain itu kamu juga harus konsisten belajar dengan usaha maksimal karena sudah mengetahui tujuan dari tes TOEFL sampai bisa lulus.

3. Belajar listening skill

Listening atau kemampuan mendengarkan merupakan bagian dalam tes TOEFL. Artinya, sebagai masyarakat yang sering mendengarkan bahasa Indonesia atau bahasa daerah, maka indera pendengar wajib dibiasakan mendengar aksen atau logat dalam bahasa Inggris.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com