Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa, Ini 4 Cara Jadi Public Relations Profesional

Kompas.com - 03/10/2021, 21:13 WIB
Mahar Prastiwi,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Citra sebuah perusahaan perlu dijaga. Sedangkan untuk menjembatani antara perusahaan dengan masyarakat, membutuhkan peran seorang Public Relation (PR) atau Hubungan Masyarakat (Humas).

Terlebih di era saat ini, posisi PR dalam sebuah perusahaan jadi semakin penting. Menjadi seorang PR membutuhkan ilmu untuk membangun komunikasi yang efektif.

Hal ini untuk menciptakan hubungan sekaligus memberikan citra positif suatu perusahaan di mata publik. Sehingga kredibilitas suatu lembaga yang diwakili PR menjadi bernilai.

Merangkum dari laman Universitas Bina Nusantara (Binus), Minggu (3/10/2021), PR di sebuah perusahaan punya tugas untuk membangun reputasi perusahaan dalam perspektif pelanggan, stakeholder, dan publik secara luas.

Baca juga: Prospek Kerja Lulusan Sastra Inggris dan Pilihan Kampusnya

4 cara jadi PR profesional

Tujuannya jelas, supaya semakin banyak orang yang ingin berkoneksi dengan perusahaan tersebut.

Ada 4 cara yang bisa diterapkan supaya bisa menjadi seorang PR yang profesional. Apalagi profesi ini memiliki peran penting dan jenjang karier yang cukup menantang. Yuk simak bersama tips berikut ini.

Baca juga: SMA Terbaik di DIY Berdasarkan Rerata Nilai UTBK 2021

1. Berpikir kreatif

Mahasiswa yang memilih jurusan atau konsentrasi PR harus mampu untuk menciptakan ide dan bahkan cara komunikasi baru untuk mengintegrasikan beberapa informasi yang ada.

Berpikir kreatif sebagai PR adalah seni tersendiri untuk menciptakan hubungan, sehingga mampu menceritakan nilai brand secara unik dan mudah diingat.

2. Personable

Personable adalah daya tarik yang bermakna seorang PR harus pandai-pandai mengambil hati publik supaya dapat menerima kesan yang baik dari masyarakat dan dapat dipercaya dengan opini yang disampaikan.

Baca juga: 20 SMK Terbaik di Jawa Tengah Berdasarkan Rerata Nilai UTBK 2021

3. Pemikiran strategis

Kemampuan berpikir strategis sangat dibutuhkan perusahaan karena sangat dibutuhkan dapat menganalisa kondisi industri ter-update.

Seorang PR harus bisa berpikir taktis maupun strategis dengan mempertimbangkan faktor-faktor yang mempengaruhi bisnis.

4. Akrab dengan teknologi

Tak hanya sebagai seorang PR, hampir semua profesi saat ini membutuhkan kemampuan menggunakan teknologi. Apalagi saat ini teknologi sangat erat hubungannya dengan cara masyarakat berinteraksi.

Tidak ada pilihan lain bagi PR untuk menguasai teknologi informasi. Terlebih lagi kini sosial media banyak dimanfaatkan untuk membangun hubungan profesional bisnis, misalnya di platform Linkedin.

Baca juga: Remaja Miliki Peran Penting Cegah Stunting di Indonesia

Itulah 4 cara yang perlu diperhatikan mahasiswa untuk meniti karier sebagai Public Relations. Profesi ini menarik karena akan terus bertemu dengan orang dan relasi baru. Menjadi seorang PR juga kaya akan pengalaman sekaligus menantang karena berpotensi dekat dengan konflik komunikasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com