Kompas.com - 11/10/2021, 06:07 WIB
Teks persuasi Teks persuasi
|

KOMPAS.com - Di internet, tentu kita pernah membaca tulisan mengenai imbauan untuk menerapkan hidup sehat. Atau pernah melihat artikel di majalah dinding yang mengajak kita menjaga kebersihan lingkungan.

Apakah siswa SMP sudah tahu atau belum persamaan antara kedua contoh tersebut? Persamaannya adalah kedua contoh itu termasuk ke dalam kategori teks persuasi.

Sebelumnya, apakah kamu paham apa itu teks persuasi? Melansir laman Direktorat SMP Kemendikbud Ristek, Jumat (8/10/2021), ini penjelasannya.

Baca juga: Siswa, Seperti Ini Kebudayaan Zaman Neolitikum di Indonesia

Teks persuasi adalah teks yang berisi ajakan, saran, bujukan, imbauan, pengaruh, arahan, larangan, atau perintah kepada seseorang untuk melakukan suatu hal sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai oleh penulis teks tersebut.

Semua itu dilakukan karena penulis memiliki tujuan untuk membujuk atau mengajak pembacanya agar mengikuti atau melakukan ajakan, perintah, imbauan, atau bujukan yang disampaikan oleh penulis dalam teks tersebut.

Untuk memperkuat itu semua, umumnya penulis akan menggunakan argumentasi dan fakta yang mendukung. Argumentasi dan fakta akan memperkuat teks sehingga pembaca semakin yakin bahwa yang disampaikan oleh sang penulis adalah hal yang benar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ciri dari teks persuasi biasanya di dalamnya terdapat kalimat dan kata-kata yang berupaya mengajak dan memengaruhi pembacanya. Contohnya seperti kata sebaiknya, marilah, mulailah, ayo, janganlah, dan sebagainya.

Yuk ketahui struktur teks persuasi yang benar agar dapat memengaruhi pembacanya.

Pengenalan isu

Bagian pertama terdapat pengenalan isu. Penulis akan memberikan dan menyampaikan pengantar mengenai masalah yang menjadi dasar dari tulisan atau topik pembicaraannya.

Baca juga: Siswa, Yuk Kenal Lebih Dekat Sejarah TNI

Rangkaian argumen

Setelah menjelaskan mengenai isu yang akan dibicarakan, penulis harus memberikan beberapa argumen dan pendapat terkait dengan isu tersebut.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.