Kompas.com - 25/10/2021, 17:17 WIB
Ilustrasi anak bermain dan belajar dengan ayah CreativaImagesIlustrasi anak bermain dan belajar dengan ayah

KOMPAS.com - Kekhawatiran anak akan "bingung bahasa" bila orangtua mengajarkan dua bahasa sejak dini nyatanya tidak sepenuhnya benar.

Anak-anak yang dari awal hanya mengenal satu bahasa justru jadi kebingungan dan butuh waktu penyesuaian yang lama saat harus menggunakan bahasa lain di sekolah, selain yang biasa mereka gunakan di rumah.

Berikut ini beberapa alasan yang menjelaskan mengapa mengajarkan dua bahasa pada balita sangat bermanfaat, merangkum laman BPK Penabur:

Baca juga: Orangtua, Ini Dampak Bila Sering Memarahi Anak Saat Belajar

1. Lebih cepat tanggap

Belajar bahasa di luar bahasa sehari-hari sejak dini akan lebih mudah bagi anak, ketimbang bila ia baru mempelajarinya saat masuk sekolah dasar atau lebih tua.

Menurut Erika Levy,asisten profesor speech and language pathology di Teacher College, Columbia University, AS, anak-anak balita di usia 2-3 tahun mengembangkan keterampilan bahasa dengan cepat.

Menurutnya, anak-anak dapat belajar memahami kata-kata baru dalam 2 bahasa yang berbeda dengan kecepatan yang jauh berkali-kali lipat dari pada orang dewasa.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Oleh karena itu, manfaatkanlah usia dini untuk segera memperkenalkan dan mengajarkan anak dua bahasa.

2. Melafalkan lebih baik

Bapak Francois Thibaut, direktur The Language Workshop for Children di New York mengatakan bahwa semakin awal seorang anak belajar bahasa lain maka semakin mudah bagi mereka untuk memahami bunyi-bunyi yang unik.

Baca juga: 10 Kegiatan Sederhana untuk Melatih Motorik Halus Anak Usia Dini

Menurutnya, kemampuan mendengar pelafalan fonetik yang berbeda dengan bahasa asal yang paling tajam adalah sebelum anak-anak berusia 3 tahun.

Kita kehilangan kapasitas untuk mendengar, memahami, dan menghasilkan suara-suara tertentu jika kita tidak mengenalnya sejak dini.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.