Kompas.com - 29/10/2021, 11:52 WIB
|

KOMPAS.com - Alumnus Institut Teknologi Bandung (ITB) Bernadus Setya Ananda W berbagi cerita dan pengalamannya dalam membangun bisnis. Bernadus sendiri masuk di daftar “Forbes 30 Under 30 Indonesia” dan “Forbes 30 Under 30 Asia”.

Bernadus menyatakan bahwa perjalanan menuju sukses tidak mudah. Untuk menjadi seorang high achiever, mereka harus mulai membangun winning mentality, di mana segala hal yang ingin dicapai hanya bisa didapatkan melalui perjuangan.

"Banyak harga yang harus dibayar untuk mendapatkan prestasi dan dampak signifikan," ujarnya seperti dikutip dari laman ITB, Kamis (28/10/2021).

Baca juga: Tim ITB Teliti Fosil di Waduk Saguling, Temukan Fakta Hewan Purba

Acara tersebut merupakan salah satu rangkaian pelatihan yang diselenggarakan untuk membangun karakter dan kepemimpinan mahasiswa.

Selain itu, dia memberi nasehat bahwa soft skills di luar kelas penting. Namun, technical skills yang diajarkan di kuliah juga berguna.

Menurutnya, keraguan saat terjun ke dunia kerja adalah masalah yang sering dihadapi pada anak-anak muda.

Perlunya analisa diri sendiri

Ketika para mahasiswa lulus perkuliahan, mereka kewalahan dengan semua pilihan karier yang ada. Bernadus sendiri pernah mengalami pergumulan ini.

Dia bingung untuk bekerja di pabrik perminyakan dan gas, menjadi konsultan bisnis di bank, atau mengikuti cita-cita masa kecil untuk menjadi penyanyi.

"Pada akhirnya, pekerjaan pertama kalian adalah stepping stone kalian untuk berkarier lebih baik di zona profesional," imbuhnya.

"Kadang-kadang, apa yang kita inginkan belum tentu yang terbaik untuk kita. Karena itu, kita perlu menganalisa diri sendiri agar dapat menentukan pilihan kerja yang tepat bagi kita," jelasnya.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.