Kompas.com - 02/11/2021, 07:07 WIB
|

KOMPAS.com - Ketika musim kemarau, sektor yang paling terdampak ialah pertanian. Banyak lahan persawahan yang menjadi kekeringan hingga menurunnya hasil panen.

Terlebih di daerah Desa Jagur, Kabupaten Sambas, Provinsi Kalimantan Barat. Ketika kemarau lahan menjadi kekeringan karena irigasi terhambat.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Politeknik Negeri Sambas (Poltesa) melalui Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) memberikan solusi terhadap permasalahan yang dihadapi masyarakat pada musim kemarau.

Baca juga: Mahasiswa ITS Inovasi Kulit Mangga untuk Cegah Korosi Baja

Para Dosen Poltesa ini membuat sebuah alat Irigasi Pompa Tenaga Surya yang telah berhasil dilakukan uji coba di Desa Jagur, Sambas, pada Senin (12/10/2021).

Ketua Kelompok Tani Gantang Mas, Budianto, S.P., mengatakan, sebelum adanya inovasi alat Irigasi Pompa Tenaga Surya yang dibuat oleh Dosen Poltesa ini, masyarakat Desa Jagur mengalami kendala.

"Kelompok Tani Gantang Mas sering mengalami masalah kekeringan lahan, sehingga hasil panen menurun," ujarnya dikutip dari laman Poltesa.

Budianto berharap bahwa alat irigasi ini nantinya dapat membantu petani disaat memasuki musim kemarau, sehingga tanaman seperti Jagung, Jambu Kristal, Jahe, Semangka, Jeruk, Kopi dan Pisang ini dapat tumbuh maksimal.

"Kami berharap bisa terhindar dari kekeringan dan kami memperoleh hasil panen yang melimpah," harapnya.

Baca juga: Mahasiswa UNY Inovasi Nano Spray untuk Cegah Radiasi Gawai

Pakai tenaga surya

Sementara Ketua Tim Program PKM, Daud Perdana, S.T., M.T., menjelaskan bahwa solusi yang ditawarkan dalam kegiatan pengabdian ini adalah Penerapan Teknologi Sistem Irigasi Pompa.

Tentu dengan memanfaatkan energi surya untuk memompakan air ke dalam Tendon Penampungan dan kemudian di alirkan ke sistim pemipaan secara gravitasi guna menyiram tanaman saat musim kemarau.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.