Kompas.com - 08/11/2021, 06:45 WIB
Ilustrasi anak sekolah. Ben White Photography/Freepik.comIlustrasi anak sekolah.

KOMPAS.com - Masa-masa usia sekolah dari mulai sekolah dasar (SD) hingga sekolah menengah pertama (SMP) merupakan masa anak untuk menerapkan disiplin.

Kedisiplinan sederhana yang diterapkan orangtua, seperti disiplin waktu, disiplin untuk membereskan kamar atau barang pribadi, hingga disiplin untuk patuh pada aturan akan menjadi bekal karakter di kemudian hari.

Namun, untuk menumbuhkan disiplin positif, penting bagi orangtua untuk berpikir bahwa disiplin bukan tentang pelatihan, ancaman, dan hukuman. Pasalnya, ini justru akan membuat anak melakukannya dengan terpaksa kalau ada orangtua saja.

Berikut ini hal-hal yang bisa dilakukan orangtua untuk menanamkan disiplin positif pada anak, merangkum laman Sekolah BPK Penabur:

Baca juga: 15 SMA Terbaik di Tangerang dan Tangsel Berdasar Nilai UTBK 2021

1.Pikirkan kembali arti "disiplin"

Tom Limbert, konsultan parenting dan penulis buku "What The Want Tell You About Parenting" mengatakan bahwa keliru bila orang tua masih berpikir bahwa disiplin adalah tentang pelatihan, ancaman, dan hukuman.

Menurutnya, disiplin adalah tentang pengajaran dan pendidikan keseharian.

Ia juga mengatakan bahwa anak-anak perlu paham bahwa mereka disiplin bukan untuk menyenangkan orang tuanya, melainkan untuk kebaikan mereka sendiri dan membawa manfaat bagi mereka.

Oleh karena itu, mendidik anak untuk menjadi disiplin adalah cara orang tua menghargai kemampuan anak-anaknya. Penting bagi orang tua untuk menunjukkan penghargaan tersebut.

Baca juga: Sekolah Pelita Harapan Buka Beasiswa bagi Siswa Se-Indonesia, Senilai Rp 33 Miliar

2. Instruksi efektif

Untuk membuat anak mau mendengarkan, penting bagi orangtua memperhatikan bagaimana cara orangtua berkomunikasi.

David W. Johnson, terapis pernikahan dan keluarga di Clovis, California, AS, mengatakan jika orangtua memberi tahu anak hal yang sama berulang kali sebelum mereka merespon, maka hal itu justru membuat anak mengabaikan orangtua.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.