Kompas.com - 09/11/2021, 06:42 WIB
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Meski kasus positif Covid-19 di Indonesia melandai, namun masyarakat tetap harus waspada.

Saat beraktivitas di luar rumah tetap harus menerapkan protokol kesehatan (prokes) untuk mencegah penularan Covid-19.

Health Educator dan Satgas Covid-19 FIK Universitas Semarang (Unnes) RR Sri Ratna Rahayu menyampaikan, adanya fenomena lonjakan kasus Covid-19 setelah cuti libur hari besar.

Menurutnya, lonjakan kasus Covid-19 terjadi sebagai akibat dari tidak jalannya protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan membatasi mobilitas. Selain itu kebijakan pelonggaran kegiatan masyarakat yang tidak disikapi dengan bijaksana.

Baca juga: Wajib Tahu, Ini 7 Jurusan Sepi Peminat dengan Peluang Kerja Besar

Mahasiswa jadi bagian pencegahan Covid-19

Sri Ratna Rahayu menekankan, mahasiswa merupakan sivitas akademika yang juga merupakan bagian dari masyarakat. Sehingga upaya pencegahan Covid-19 gelombang ketiga juga menjadi tanggung jawab bersama.

"Harapannya pandemi stop, jadi endemi", kata Sri Ratna Rahayu pada acara kuliah pakar yang mengusung tema 'Waspada Covid-19 Gelombang 3, Tangkal Infodemi Covid-19' seperti dikutip dari laman Unnes, Senin (8/11/2021).

Acara yang diadakan Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) Unnes ini juga menghadirkan Epidemiologist dari prodi Kesehatan Masyarakat Unnes Lukman Fauzi.

Maraknya infodemi

Lukman Fauzi menjelaskan, ancaman gelombang 3 Covid-19 ini diiringi dengan masifnya infodemi atau berita menyesatkan yang tersebar di lingkungan digital maupun fisik.

Baca juga: Asah Kreativitas dengan Melukis di Media Kaca Bersama Ratu Adina

Menurutnya, fenomena infodemi Covid-19 berkaitan dengan mis-informasi, dis-informasi, dan mal-informasi yang tidak ditekan penyebarannya. Hal ini justru akan memberikan dampak yang lebih besar daripada pandemi Covid-19 itu sendiri.

"Salah satu fenomena infodemi yang sering terjadi adalah informasi salah yang dibagikan di grup keluarga," beber Lukman.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.