Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siswa, Ini 5 Danau Terbesar Indonesia yang Indah

Kompas.com - 09/11/2021, 10:49 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Salah satu negara dengan kekayaan alam luar biasa adalah Indonesia. Tak hanya alam, laut atau sungai, tetapi Indonesia juga punya danau besar yang keren-keren.

Berdasarkan data yang dirilis oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) tahun 2020, Indonesia diperkirakan mempunyai lebih dari 1.575 danau, terdiri dari 840 danau besar dan 735 danau kecil (situ).

Walaupun ada ribuan danau, tetapi masih banyak masyarakat yang belum mengetahui danau apa saja yang tersebar di Indonesia.

Baca juga: Siswa, Ini Asal-usul Bahasa Indonesia

Bagi siswa sekolah yang ingin mengetahui lebih banyak mengenai danau-danau di Indonesia, berikut ini 5 danau terbesar Indonesia. Informasi dilansir dari laman Direktorat SMP Kemendikbud Ristek, Selasa (9/11/2021).

1. Danau Toba

Semua orang pasti sudah tahu akan Danau Toba. Keindahan Danau Toba dan pemandangan sekelilingnya memang menjadi daya pikat utama yang dimiliki wisata danau terbesar di Indonesia.

Danau yang terbentuk dari letusan Gunung Api yang terjadi sekitar 73.000 – 75.000 tahun lalu ini memang memiliki potensi wisata air. Saat itu 2.800 km kubik bahan vulkanik dimuntahkan Gunung Toba yang meletus hingga debu vulkanik menyebar ke separuh wilayah Bumi.

Danau dengan luas 1.145 km persegi ini menyajikan pemandangan indah yang menarik perhatian kita untuk mengunjungi dan mengeksplorasinya lebih jauh. Danau Toba merupakan danau terbesar di Indonesia bahkan di Asia Tenggara.

2. Danau Singkarak

Danau Singkarak adalah sebuah danau yang membentang di dua kabupaten yang terdapat di provinsi Sumatera Barat, yaitu Kabupaten Solok dan Kabupaten Tanah Datar.

Danau ini memiliki luas 107,8 km² dan merupakan danau terluas kedua di pulau Sumatera setelah danau toba di Sumatera Utara. Danau ini merupakan hulu dari sungai atau Batang Ombilin.

Namun sebagian air danau ini dialirkan melalui terowongan menembus Bukit Barisan ke Batang Anai untuk menggerakkan generator PLTA Singkarak di dekat Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman.

Baca juga: Siswa SD, Ini Lho Pentingnya Menggosok Gigi

Danau Singkarak merupakan salah satu hasil dari proses tektonik yang dipengaruhi oleh Sesar Sumatera. Danau ini adalah bagian dari Cekungan Singkarak-Solok yang termasuk di antara segmen dari Sesar Sumatra. Cekungan dari danau ini terbentuk dari sebuah amblesan yang disebabkan oleh aktivitas pergerakan Sesar Sumatera.

3. Danau Kelimutu

Danau Kelimutu merupakan danau kawah yang terletak di puncak Gunung Kelimutu (1.690 mdpl) dengan jumlah 3 danau yang terkenal akan warnanya yang dapat berubah-ubah dari hijau menjadi biru, hitam atau merah.

Ketiga danau tersebut dikenal dengan nama Tiwu Ata Mbupu, Tiwu Nuwa Muri Koo Fai, dan Tiwu Ata Polo. Danau tersebut dipisahkan oleh dinding kawah yang menjulang dengan ketinggian minimum 35 meter (115 kaki) di atas permukaannya.

Air di danau tersebut biasanya berwarna hijau atau masing-masing merah. Warna air pada kawah, terutama Kawah Tiwu Nua Muri Koo Fai, dipakai sebagai parameter penting dalam penentuan status aktivitas bencana.

Perubahan warna dari hijau menjadi putih menandakan meningkatnya aktivitas Gunung Kelimutu. Perubahan warna ini tidak mempunyai pola yang jelas, tergantung aktivitas magmatik yang terjadi.

Baca juga: Siswa, Ini Lho 9 Strategi Membaca Intensif

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com