Kompas.com - 18/11/2021, 11:54 WIB
Ilustrasi komunikasi antara orangtua dan anak Dok. KredivoIlustrasi komunikasi antara orangtua dan anak
|

KOMPAS.com - Bagi siswa SLTA yang ingin melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi, maka harus persiapan sejak dini. Salah satunya memilih jurusan kuliah yang tepat.

Sebab, pilih jurusan kuliah tak bisa sembarangan. Semua harus disesuaikan dengan minat dan bakat. Bahkan harus punya prospek kerja yang cemerlang atau menjanjikan untuk masa depan.

Tetapi, seringkali proses tersebut bertentangan dengan opini dan rekomendasi orang tua. Hal tersebut tak jarang memicu pertikaian antara orang tua dan anak.

Baca juga: Ini 4 Kunci Sukses Memilih Jurusan Kuliah

Ada sebagian orang tua yang memaksakan kehendak mereka agar sang anak mengikuti pilihan jurusan kuliah sesuai keinginannya.

Untuk mencegah persepsi buruk terhadap orang tuamu, sebaiknya tanyakan alasan mereka melarangmu memilih jurusan yang kamu inginkan.

Pada umumnya, ada beberapa alasan orang tua tidak menyetujui pilihan jurusan kuliah sang anak. Melansir laman Institut Teknologi Batam (Iteba), ini 5 alasannya:

1. Merasa kamu berbakat di bidang lain

Orang tua adalah orang yang paling mengenal anaknya. Sejak kecil, orang tua sering memberikan beberapa rekomendasi agar sang anak memiliki hobi atau bakat yang mumpuni.

Pendapat ini sah-sah saja, mengingat ayah atau ibu adalah orang yang acap kali selalu mendampingi kita saat beranjak dewasa.

Jika orangtuamu tidak setuju terhadap jurusan yang kamu pilih dan merasa kamu berbakat di bidang lain, sebaiknya kamu mendengarkan mereka terlebih dahulu. Setelah mendengarkan, kamu bisa mulai mengajak orangtuamu berdiskusi.

2. Ragu prospek karir jurusan kuliah itu

Terkadang pemikiran orang tua akan sedikit berbeda dengan anak-anak masa kini. Menurut generasi mereka, jurusan kuliah dapat dinilai bagus jika telah menghasilkan lulusan yang bekerja di perusahaan-perusahaan besar.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.