Kompas.com - 23/11/2021, 13:19 WIB
ilustrasi Public Domain via Pixabayilustrasi
|

KOMPAS.com - Salah satu jurusan kuliah di Binus University ialah Computerized Accounting. Tentu, jurusan ini sangat jarang dan mungkin masih asing di telinga kebanyakan orang.

Pada dasarnya jurusan ini merupakan salah satu spektrum Ilmu Komputer tetapi memiliki keterkaitan dengan Ilmu Akuntansi. Di Indonesia masih jarang universitas yang membuka jurusan ini.

Komputerisasi Akuntansi sendiri termasuk salah satu bidang ilmu yang berkembang karena kemajuan teknologi beberapa dekade belakangan.

Baca juga: Tips Memilih Jurusan Kuliah dari Warek Unpad

Nantinya, mahasiswa yang masuk jurusan ini akan belajar banyak hal tentang program-program komputer terkait akuntansi dan bagaimana cara memanfaatkannya.

Keterampilan dasar akuntansi dan mengoperasikan komputer tentu sangat dibutuhkan para mahasiswa Computerized Accounting.

Ilmu Komputerisasi Akuntansi termasuk salah satu jurusan dengan peluang karir cukup luas. Lulusan jurusan ini tidak hanya bisa bekerja di lembaga keuangan, tetapi juga berbagai badan usaha dari bidang lain.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Melansir laman Binus University, ini 5 prospek kerja lulusan Jurusan Komputerisasi Akuntansi:

1. System Analyst

Pekerjaan ini menuntut kita untuk merancang sistem yang dapat memenuhi kebutuhan bisnis. Profesi system analyst biasanya ada di perusahaan yang menjual barang dan jasa atau bahkan start up.

Dalam praktiknya, lulusan Computerized Accounting tidak hanya bekerja sebagai akuntan tetapi juga programmer.

Program yang dibangun biasanya tidak jauh-jauh dari strategi pengembangan bisnis. Inilah mengapa meskipun secara teknik pekerjaannya berhubungan dengan tindakan strategis ala akuntan, keterampilan serta pengetahuan tentang komputasi akan selalu dibutuhkan.

Baca juga: Ini 5 Alasan Orangtua Beda Pendapat Pilih Jurusan Kuliah

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.