Kompas.com - 24/11/2021, 16:07 WIB
Ilustrasi pemanfaatan teknologi internet of things (IoT), big data analytics, serta artificial intelligence (AI) pada sektor usaha migas Shutterstock/GorodenkoffIlustrasi pemanfaatan teknologi internet of things (IoT), big data analytics, serta artificial intelligence (AI) pada sektor usaha migas
|

KOMPAS.com - Dampak dari pandemi Covid-19 adalah aktivitas banyak dilakukan dari rumah. Seperti sekolah, kuliah, beribadah dan bekerja. Karena itu, memaksa umat manusia untuk cepat beradaptasi dengan teknologi.

Di masa pandemi ini, ada beberapa bidang teknologi yang melesat. Misalnya, bidang Internet of Things (IoT) dan Artificial Intelligence (A.I.).

Teknologi-teknologi tertentu juga disinyalir akan memiliki banyak prospek paska-pandemi. Misalnya Data Science, Mobile Application Development, dan UI/UX Design.

Baca juga: Seminar Unila: Soft Skill Mahasiswa Harus Dibentuk Karakter Unggul

Untuk menguasai bidang-bidang tersebut, ada beberapa keahlian teknologi yang wajib kamu kuasai. Kira-kira apa saja skill teknologi yang paling dicari selama pandemi?

Melansir laman Institut Teknologi Batam (Iteba), ini 5 skill teknologi yang paling dicari selama pandemi.

1. Internet of Things (IoT)

Internet of Things (IoT) adalah sebuah konsep ketika objek memiliki kemampuan transfer data melalui jaringan tanpa memerlukan interaksi antarmanusia atau antar manusia dan komputer.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ada beberapa perangkat yang termasuk ke dalam IoT, antara lain sensor, konektivitas, dan perangkat yang berukuran kecil untuk mendukung dan meningkatkan ketepatan, skalabilitas dan fleksibel dalam pengembangan IoT.

Selama masa pandemi, IoT tumbuh cepat sebagai solusi dari pengoperasian jarak jauh dalam beberapa sektor, seperti kesehatan, agrikultur, dan energi. Jadi, skill ini sangat mumpuni jika dipelajari.

2. Artificial Intelligence (AI)

Artificial Intelligence (AI) memungkinkan mesin mempelajari, menyesuaikan masukkan-masukkan baru, dan melaksanakan tugas seperti manusia. Skill ini diminati banyak orang karena membuka banyak peluang kerja.

Saat ini, tak hanya smartphone yang dilengkapi oleh AI, beberapa bisnis pun kini telah diintegrasikan dengan kecerdasan buatan.

Baca juga: 10 Tren Teknologi Pembelajaran di 2021

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.