Kompas.com - 28/11/2021, 09:26 WIB
Ilustrasi Kuliah Dok. JobplanetIlustrasi Kuliah
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Tahun 2022 datang sebentar lagi. Bagi siswa kelas 12 tentu sudah mulai mempersiapkan diri mencari perguruan tinggi untuk melanjutkan pendidikan.

Banyak jalur yang disediakan perguruan tinggi pada penerimaan mahasiswa baru. Selain mempersiapkan kemampuan akademik untuk mengikuti seleksi masuk, saat ini perguruan tinggi juga menyaring calon mahasiswa yang mempunyai jiwa kepemimpinan.

Jiwa kepemimpinan tentu harus dimiliki generasi muda Indonesia. Salah satu cara membangun jiwa kepemimpinan yakni dengan aktif berorganisasi sejak di bangku sekolah.

Bagi kamu yang pernah jadi ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS), bisa memanfaatkan kesempatan penerimaan mahasiswa baru melalui jalur ketua OSIS.

Setidaknya ada 6 perguruan tinggi negeri (PTN) yang membuka penerimaan mahasiswa baru jalur ketua OSIS. Yuk simak bersama informasi berikut ini.

Baca juga: Perusahaan Tambang Ini Buka Lowongan Kerja bagi D4/S1-S2, Yuk Daftar

1. Institut Pertanian Bogor (IPB)

Merangkum dari laman IPB, Minggu (28/11/2021), penerimaan mahasiswa baru jalur Ketua OSIS memiliki sejumlah kualifikasi, antara lain:

  • Pernah menjadi ketua OSIS selama di SMA/MA, yang diperkuat dengan surat Kepala Sekolah bahwa pelamar adalah benar siswa di sekolahnya dan pernah menjadi ketua OSIS selama sekurangnya satu periode, dilengkapi dengan surat keputusan kepala Sekolah tentang pengangkatan pelamar sebagai ketua OSIS.
  • Rerata nilai Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi selama 5 semester sekurangnya 80.
  • Bersedia mendapatkan pelatihan kepemimpinan, kewirausahaan dan pelatihan lainnya.

2. Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogya

Merangkum dari laman UPN Veteran Yogyakarta, syarat penerimaan mahasiswa baru jalur ketua OSIS antara lain:

  • Calon peserta yang dapat mengikuti jalur ini adalah mereka yang pernah menjadi Ketua OSIS (bukan wakil ketua/ketua bidang/ketua divisi/koordinator) selama satu periode kepengurusan.
  • Kriteria Ketua OSIS dilihat dari akreditasi sekolah calon peserta.
  • Pada saat pendaftaran calon peserta wajib mengunggah bukti asli/berwarna akreditasi sekolah dan Surat Kepala Sekolah bahwa peserta adalah benar siswa di sekolahnya dan pernah menjadi ketua OSIS selama satu periode yang kemudian akan divalidasi tim seleksi.

Baca juga: Pakar UGM: Stiker Add Yours di Instagram Rentan Jadi Modus Penipuan

3. Universitas Airlangga (Unair)

Unair Surabaya juga memberikan kesempatan bagi Ketua Osis untuk mendaftar saat proses penerimaan mahasiswa baru.

Melalui program Golden Tiket, Unair membuka kesempatan bagi siswa yang berhasil meraih
juara lomba/olimpiade Internasional bidang studi yang sesuai dengan prodi pilihan dan diselenggarakan Institusi terkemuka.

Termasuk bagi siswa yang menjadi Ketua Umum OSIS sekolah terkemuka.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.