Kompas.com - 30/11/2021, 17:37 WIB
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Membangun kecintaan anak terhadap buku perlu dilakukan orangtua sejak dini.

Pasalnya membaca buku bisaa mendatangkan banyak manfaat untuk masa depan anak. Namun menciptakan rasa suka terhadap buku tentu tidak bisa dilakukan secara instan.

Orangtua harus telaten dan sabar hingga akhirnya anak dengan sukarela 'melahap' semua buku yang disediakan.

Merangkum dari laman Paudpedia Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), Selasa (30/11/2021) membagikan tips membangun kecintaan anak terhadap buku.

Baca juga: Ditjen Dikti Buka Program Praktik Kerja Lapangan, Mahasiswa Yuk Daftar

Membangun kecintaan anak terhadap buku

Tips ini dibagikan saat acara Ngobrol Santai Paudpedia edisi kedua dengan tema 'Membangun Kecintaan Anak Terhadap Buku'.

Menurut Kepala Sekolah TKIT Adams School Eva Imelda, di situasi saat ini Satuan PAUD memang perlu sedikit bekerja keras agar anak-anak dapat cinta terhadap buku.

Eva menjelaskan, PAUD harus menciptakan lingkungan yang kaya keaksaraan. Tempat bermain di PAUD dapat diperkaya akan hal-hal terkait keaksaraan.

"Sehingga akan terbangun kesadaran anak terhadap fonen atau bunyi huruf," kata Eva.

Eva menyarankan agar setiap kelas memiliki pojok baca dan setiap harinya memiliki kegiatan literasi seperti membacakan dongeng dari buku. Satu hal yang tak kalah penting juga yakni memberikan ruang untuk anak mengekspresikan apa yang mereka temukan dan dapatkan dari buku.

Baca juga: Calon Mahasiswa, Ini 10 Alasan Memilih Jurusan Desain Produk

Orangtua jadi pondasi utama

Pembicara lain dalam acara tersebut (Content Writer Paudpedia Ifina Trimuliana menekankan pentingnya peran orangtua sebagai pondasi utama pembentuk kecintaan anak terhadap buku. Orangtua harus menjadi teladan dan menampilkan contoh kegiatan membaca buku.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.