Kompas.com - 06/12/2021, 17:00 WIB

KOMPAS.com - Sebagai orangtua dengan anak usia dini, ada sejumlah kebutuhan dasar anak yang perlu dipenuhi. Terlebih pascapandemi Covid-19, ada banyak perubahan terkait kebutuhan anggota keluarga.

Dalam upaya menghindari dampak Covid-19, kebutuhan makanan yang bergizi menjadi semakin diutamakan.

Ketua Program Studi Terapan Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, Rose Mini Agoes Salim mengatakan kebutuhan dasar anak usia dini mencakup 4 hal, tidak hanya soal makan.

"Yakni kesehatan, pendidikan, pengasuhan dan perlindungan," ujarnya dilansir dari laman Anggunpaud. Keempat hal itu, sangat dibutuhkan anak usia dini, yakni usia 1- 6 tahun.

Baca juga: Orangtua, Ini Dampak Bila Sering Memarahi Anak Saat Belajar

Empat kebutuhan dasar anak-anak

1. Kesehatan

Kesehatan menjadi poin utama saat memenuhi kebutuhan anak. Hal dilakukan orang tua dengan selalu memberikan makanan yang dengan gizi seimbang. Serta, makanan bernutrisi, menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat. 

2. Pendidikan

Salah satu hal yang harus diperhatikan orang tua adalah pendidikan. Bahkan, pendidikan wajib diberikan kepada anak-anak karena itu adalah hak mereka.

Orang tua hendaknya memberikan stimulasi yang tepat sesuai tumbuh kembang anak. Hal itu penting untuk perkembangan kognitif, psikomotorik, dan psikologis anak;

3. Pengasuhan

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.