Kompas.com - 12/12/2021, 15:53 WIB
|

KOMPAS.com - Pada 2021, KIP Kuliah Merdeka (KIP-K Merdeka), ada lebih dari 200 ribu mahasiswa yang menerima beasiswa. Terdiri dari 96.270 mahasiswa di 122 perguruan tinggi negeri dan 103.730 mahasiswa di 2.013 perguruan tinggi swasta.

Demikian diungkapkan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Makarim pada penyerahan bantuan KIP Kuliah Merdeka untuk mahasiswa se-Indonesia di IPB University, Jumat (10/12/2021).

Menurut Nadiem, ada penyempurnaan kebijakan KIP Kuliah. Yakni mencakup peningkatan besaran uang kuliah atau biaya pendidikan hingga mencapai Rp 12 juta per semester untuk program studi dengan akreditasi A.

Baca juga: Kemendikbud Ristek Minta Mahasiswa KIP Kuliah Aktif Kembangkan Diri

Kemudian, ada peningkatan biaya hidup yang disesuaikan dengan indeks harga di lokasi kuliah.

"Dulu anak-anak dari keluarga kurang mampu, banyak yang tidak percaya diri untuk bisa masuk ke program studi terhebat," ujar Nadiem dikutip dari laman IPB University.

Beri kesempatan sama pelajar di Indonesia

Tentu, hal itu karena satu, yakni mahalnya uang kuliah tunggal (UKT). Kedua, karena mahalnya biaya hidup di kotanya. "Dengan KIP-K Merdeka mengubah itu," imbuh Nadiem.

Namun, KIP-K Merdeka akan memberi kesempatan yang sama bagi seluruh pelajar di berbagai daerah, untuk bisa mendapatkan akses pendidikan tinggi yang berkualitas.

"Semua adik-adik di SMA yang ingin bermimpi setinggi mungkin, mendapat kesempatan yang sama. Semua orang. Di desa, di kampung, kalau mereka berprestasi, mereka bisa mencapai sekolah seperti IPB, UI, ITB, di prodi yang termahal seperti Fakultas Kesehatan," terangnya.

"Dengan adanya KIP-K Merdeka ini, semua itu bisa tercapai, asal mereka berprestasi," sebut Nadiem.

Baca juga: Pakar IPB: Ini Pentingnya Pengetahuan Kesiapan Menikah bagi Remaja

Sementara Rektor IPB University Prof. Arif Satria sangat mendukung kebijakan Kemendikbud Ristek ini.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.