Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siswa SD, Ini Lho Penjelasan Perginya Air Hujan yang Turun ke Bumi

Kompas.com - 14/12/2021, 08:23 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Siswa SD tentu ada yang belum paham kemana perginya air hujan yang turun ke bumi. Apakah semua masuk ke dalam tanah? Apakah ke sungai?

Melansir akun Instagram Direktorat SD Kemendikbud Ristek, Senin (13/12/2021), ini penjelasan mengenai air hujan termasuk manfaat dari air hujan.

Air hujan yang turun ke bumi akan meresap ke dalam tanah atau mengalir ke daratan yang lebih rendah hingga menuju ke sebuah genangan air seperti sungai, danau dan laut.

Baca juga: Siswa dan Mahasiswa, Ini Lho Pentingnya Cukup Tidur

Oleh karena itu, masyarakat harus bisa memikirkan daratan, sungai dan laut. Tentu agar air hujan bisa meresap ke dalam tanah atau mengalir ke sungai, danau dan laut tanpa menyebabkan banjir di lingkungan kita.

Pengertian hujan

Hujan adalah peristiwa turunnya air dari langit ke bumi, yang diakibatkan karena proses kondensasi uap air di atmosfer (langit) menjadi butir air yang cukup berat hingga turun ke bumi.

Air hujan yang turun ke bumi akan meresap ke dalam tanah atau pun mengalir ke daratan yang lebih rendah hingga menuju sebuah genangan air yang biasanya disebut danau, sungai dan laut.

Air hujan yang turun di daratan tanah akan meresap menjadi air tanah, yang dapat dimanfaatkan menjadi sumber air bagi manusia, tumbuhan, dan hewan.

Dari penjelasan sebelumnya bahwa air hujan yang turun akan terserap ke dalam tanah, maka jalan-jalan yang ada di Indonesia lebih baik permukaannya tidak di aspal karena dapat menghambat air terserap ke dalam tanah sehingga dapat menyebabkan banjir.

Baca juga: Siswa SMP, Ini Lho Pentingnya Mitigasi Bencana Alam

Air hujan juga akan jatuh dan mengalir ke danau atau sungai yang dapat menambah jumlah volume air di tempat tersebut.

Untuk mencegah terjadinya banjir di jalan yang sudah beraspal, maka dapat ditanami pohon di sisi jalan atau menyiapkan saluran air agar air hujan dapat mengalir ke tempat yang dapat menyerap air.

Air hujan juga akan mengalir ke laut, dan akan kembali mengalami penguapan dengan bantuan panas matahari sehingga proses sirkulasi hujan akan terus terjadi.

Manfaat air hujan

1. Mengairi persawahan atau pertanian dan perkebunan sehingga lebih subur.

2. Menjadi sumber air minum bagi makhluk hidup.

3. Air hujan yang tertampung di danau atau sungai dapat menjadi sumber tenaga listrik.

Baca juga: Siswa SD, Ini Bencana Alam yang Sering Terjadi di Indonesia

Bagi siswa SD yang sudah paham, maka mulai sekarang harus bisa menghemat dalam menggunakan air. Tentu agar air di muka bumi ini selalu terjaga ketersediaannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com