Kompas.com - 14/12/2021, 18:13 WIB
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Buah-buahan dikenal memiliki banyak manfaat bagus bagi kesehatan tubuh. Selain bisa dikonsumsi langsung, buah juga bisa diolah menjadi berbagai makanan atau kudapan lainnya.

Salah satu makanan dari bahan buah-buahan yang booming beberapa waktu lalu adalah salad buah.

Salad buah masih menggunakan bahan utama berbagai buah-buahan dan ditambah saos mayonase dan keju untuk memperkaya rasa.

Banyak manfaat yang bisa diperoleh dengan mengonsumsi salad buah. Seperti membantu program diet, kebutuhan mineral tubuh tercukupi, menambah produksi sel darah merah dan masih banyak manfaat lainnya.

Baca juga: Sejak Kapan Rempah Dipakai Rakyat Indonesia? Ini Penjelasan Pakar IPB

Hal yang harus diperhatikan saat membuat salad buah

Meski cara membuat salad buah terlihat sangat mudah dan sederhana, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Apalagi saat proses memotong buah-buahan yang akan digunakan sebaiknya dipotong sesuai kebutuhan. Jika ada kelebihan buah, sebaiknya disimpan dalam wadah tertutup dan ditaruh di dalam lemari pendingin atau kulkas. Hal ini bertujuan agar buah tidak mengalami proses oksidasi.

Menurut Dosen Departemen Gizi Masyarakat Institut Pertanian Bogor (IPB) Eny Palupi, di dalam buah terdapat enzim bernama enzim polifenol oksidase.

Eny mengungkapkan, jika buah dibelah atau dikupas, enzim ini akan terkena oksigen dan menjadi aktif.

"Akhirnya mengoksidasi senyawa fenolik di dalam buah-buahan dan menghasilkan senyawa fenol yang akhirnya fenol terjadi reaksi polimerisasi dan menghasilkan warna coklat pada buah," kata Eny seperti dikutip dari kanal YouTube IPB TV, Selasa (14/12/2021).

Baca juga: Ini Hasil Riset Ilmuwan Berpengaruh Dunia dari Telkom University

Pastikan buah dalam keadaan kering saat dipotong

Selain itu, ada hal lain yang perlu diperhatikan saat memotong buah untuk dijadikan salad. Pastikan buah dalam keadaan kering.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.