Kompas.com - 15/12/2021, 11:17 WIB
|

KOMPAS.com - Anak usia dini harus diajarkan belajar membaca. Terlebih bagi yang sudah sekolah di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Maka, membaca jadi komponen penting.

Dalam upaya meningkatkan kemampuan baca tulis siswa, salah satu komponen kegiatannya adalah pelatihan dan pendampingan untuk guru.

Tentu dalam pengajaran literasi baca tulis dan pengembangan bahan-bahan ajar dan buku-buku bacaan yang sesuai dengan konteks lokal.

Baca juga: Siswa SD, Ini Lho Penjelasan Perginya Air Hujan yang Turun ke Bumi

Pada Webinar Guru Belajar: Adaptasi Pembelajaran Masa Pandemi bertema “Mengembangkan Keterampilan Literasi Dasar”, Irna Ganda Setyawati, dosen Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong membagi tips untuk membaca buku bersama peserta didik.

"Terdapat berbagai macam kegiatan dalam membaca buku, ada membaca nyaring, membaca terbimbing, membaca mandiri," ujarnya dikutip dari laman Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbud Ristek.

Tips belajar membaca

Irna kemudian menjelaskan berbagai tahapan dalam tipsnya yakni sebelum membaca, selama membaca, dan sesudah membaca.

"Biasanya proses yang kami sampaikan sebelum membaca buku bersama anak-anak adalah menyampaikan dulu kosakata sulit yang ada di dalam bacaan tersebut," tuturnya.

"Jadi ada kosakata sulit apa yang ada di dalamnya, itu biasa kami sampaikan di awal," imbuh Irna.

Kemudian ajukan pertanyaan-pertanyaan prediksi tentang buku yang akan dibaca.

"Sambil melihat gambar pada judul buku pun, anak-anak sudah kami tuntun untuk membuat prediksi-prediksi kira-kira bacaan ini akan mengarah ke mana," terangnya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.