Kompas.com - 15/12/2021, 10:32 WIB
|

KOMPAS.com - Terkadang, seseorang pernah mengalami sulit tidur di malam hari. Tetapi jika hal itu keseringan, justru menjadi insomnia dan beban tersendiri di malam hari.

Ketidakmampuan untuk tidur di malam hari tidak hanya merugikan Anda keesokan harinya, tetapi dampak psikologis dari tidak bisa tidur dapat menghantui kepercayaan diri Anda selama berhari-hari.

Bagi yang ingin mudah tidur, maka butuh tips cepat tidur. Apa saja tipsnya?

Baca juga: Tips Menurunkan Berat Badan dari Prodi Gizi UAI

Tips cepat tidur

Melansir laman Fakultas Psikologi Universitas Medan Area (UMA), ini tips cepat tidur:

Ciptakan rutinitas waktu tidur

Coba ciptakan rutinitas waktu tidur, dan ikuti dengan setia setiap malam. Anda bisa mulai dengan menonton acara favorit dengan secangkir teh herbal. Mandi, atau cuci muka, dan floss gigi bisa dilakukan berikutnya.

Pergilah ke tempat tidur, dan bacalah buku damai, atau renungan, lalu matikan lampunya. Setelah Anda terbiasa dengan rutinitas, tidur harus menjadi langkah alami berikutnya.

Ingat bagaimana Anda tidur nyenyak sebagai seorang anak? Itu karena orang tuamu memaksakan rutinitas waktu tidur yang teratur padamu. Cobalah sekarang sebagai orang dewasa.

Tarik napas dalam-dalam, mainkan musik lembut, atau nikmati mandi air hangat. Lakukan ini setiap hari pada waktu yang sama untuk mendapatkan tidur yang lebih nyenyak.

Gunakan pemutar audio

Gunakan pemutar audio, sebaiknya yang dilengkapi pengatur waktu, untuk membantu Anda tertidur di malam hari. Pilih musik yang lembut dan santai.

Ada banyak produk di pasaran yang dirancang untuk membantu orang mendapatkan tidur malam yang lebih nyenyak. Anda mungkin menemukan bahwa suara selain musik membantu Anda juga.

Baca juga: 12 Tips Meredakan Sakit Kepala dari Universitas Nasional

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.