Webinar Satkaara dan Rumah Guru BK: Kesehatan Mental Siswa Sering Luput Diperhatikan

Kompas.com - 19/12/2021, 12:37 WIB

KOMPAS.com - Kesehatan mental murid di masa pandemi seringkali luput untuk diperhatikan, terutama dalam kegiatan belajar mengajar (KBM) di era kenormalan baru yang memberikan banyak tantangan kepada murid.

Menurut hasil penelitian Mental Health First Aid USA 2021 menyebut satu dari lima anak berusia 13-18 tahun (22 persen) mengalami gangguan kesehatan mental parah di beberapa titik selama hidup mereka.

Pada rentang usia tersebut merupakan usia anak didik yang kini tengah menjalani KBM baik dengan PJJ, PTM Terbatas maupun blended.

Faktanya, pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) selama pandemi saat ini berdampak pada aspek psikososial murid. Mulai dari perasaan bosan, khawatir, burn out sampai learning loss.

Menurut Kemendikbud, PTM Terbatas menjadi salah satu solusi efektif mengatasi berbagai gangguan psikologis yang dialami siswa. Namun tidak menutup kemungkinan beberapa siswa masih mengalami gangguan psikologis meskipun sudah menjalani PTM Terbatas.

Sebagai wujud nyata komitmen dan kepedulian Satkaara terhadap pendidikan dan kesehatan mental murid serta guru di Indonesia, Satkaara Berbagi kembali berkolaborasi dengan Rumah Guru BK menghadirkan webinar bagi Komunitas Guru Satkaara Berbagi (KGSB).

Webinar diselelenggarapakan pada Sabtu, 18 Desember 2021 melalui platform zoom ini diikuti 193 guru anggota KGSB dan mengangkat tema "Mental Health First Aid (MHFA) Kit".

Baca juga: Psikolog Unair: Tanda Seseorang Alami Gangguan Kesehatan Mental Psikosis

Peran guru dalam kesehatan mental siswa

Tema MHFA ini dipilih berdasarkan poling nasional yang dilakukan per November 2021 kepada 106 guru ditingkat SD hingga SMA dari 20 provinsi.

Poling tersebut menanyakan seputar permasalahan yang sering ditemui guru dalam kegiatan belajar mengajar (KBM), termasuk cara mengenal dan merespon gejala kesehatan siswa dengan tepat untuk perkembangan mental yang positif.

Narasumber dalam webinar tersebut yakni: adalah Reneta Kristiani (Psikolog dan Dosen Fakultas Psikologi Unika Atma Jaya), Ana Susanti (Founder Rumah Guru BK dan Widyaiswara Kemendikbud).

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.