Kompas.com - 10/01/2022, 15:47 WIB

KOMPAS.com - Profesi di bidang data kini tengah menjadi kebutuhan besar di banyak perusahaan. Hampir seluruh perusahaan kini membutuhkan tenaga praktisi data untuk dapat mengolah data dengan sebaik mungkin demi kemajuan bisnis.

Olahan data yang sempurna dapat mendatangkan informasi dan insight yang bermanfaat bagi kemajuan perusahaan. Oleh sebab itu, perusahaan pun rela memberikan upah besar kepada para praktisi data.

Tak heran, jika semakin tahun semakin banyak orang yang tertarik untuk bisa berkarier di dunia data. Sejalan dengan riset Kementerian Komunikasi dan Informatika RI yang menyatakan Indonesia membutuhkan setidaknya 9 juta Sumber Daya Manusia (SDM) atau talenta digital hingga tahun 2030 untuk bisa meraih manfaat maksimal dari ekosistem digital.

DQLab Universitas Multimedia Nusantara (UMN) membahas sejumlah profesi di ranah data yang bersinar di tahun 2022 dan semakin menjanjikan 5 tahun mendatang:

Baca juga: 5 Jenis Pekerjaan Paling Dibutuhkan di Metaverse, Mahasiswa Harus Tahu

1. Data Analyst

Pekerjaan ini berhubungan dengan berbagai jenis data serta memiliki peran dalam melakukan pengumpulan data, melakukan data preprocessing tahap awal, reporting, dan visualisasi data sebagai bentuk kesimpulan.

Selain itu, sebagai Data Anlyst juga memanipulasi database dengan bahasa query serta bertanggung jawab terhadap analisis statistik dan interprestasi data.

Sebagai Data Analyst yang kompeten dibutuhkan skill set yang harus dikuasai, yang mana mencangkup tools, seperti spreadsheets, Google Analytics, SQL, dan Tableau, serta ilmu dasar yang terdiri dari bahasa pemograman, visualisasi data, dan statistika.

2. Data Scientist

Profesi ini berperan membuat prediksi berdasarkan pola dari kumpulan data yang berasal dari masa lalu dan sekarang, kemudian data akan diolah dan dianalisis sampai menghasilkan informasi.

Baca juga: 10 Pekerjaan yang Bakal Naik Daun di Indonesia 5 Tahun Mendatang

Bisa dikatakan, Data Scientist lebih ke arah hal teknis seputar data, yang mana tugasnya meliputi perencanaan strategis untuk analisis data, melakukan data preprocessing dan visualisasi data.

Seorang Data Scientist dituntut memiliki beberapa skill set, seperti statistika dan analytical skill, data mining, algoritma machine learning and deep learning, bahasa pemograman Python & R, serta komunikatif dalam menyampaikan hasil melalui visualisasi data.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.