Kompas.com - 18/01/2022, 15:56 WIB

KOMPAS.com - Indonesia memiliki banyak perguruan tinggi negeri dan swasta berkualitas. Salah satu perguruan tinggi terbaik yang ada di Jawa Timur adalah Universitas Airlangga (Unair).

Tahukah kamu bahwa Unair memiliki dua jurusan langka. Jurusan ini bahkan hanya ada satu di Indonesia.

Dua jurusan di Unair yang hanya satu di Indonesia yaitu Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan serta jurusan Rekayasa Nanoteknologi. Kedua jurusan ini ada pada Fakultas Teknologi Maju dan Multidisiplin. Jurusan ini cocok bagi kalian yang tertarik dengan teknologi.

Baca juga: Rans Entertainment Buka Lowongan Kerja bagi Lulusan S1, Yuk Daftar

Jurusan Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan

Merangkum dari laman resmi Teknik Jurusan Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan Unair, Selasa (18/1/2021), jurusan ini membahas serba-serbi robot dan kecerdasan buatan atau artificial intelligence.

Jurusan ini fokus pada pengembangan integrasi antara robotika dan kecerdasan buatan untuk menghasilkan sistem yang cerdas (autonomous).

Jurusan ini mempunyai visi, pada tahun 2035 menjadi program studi sarjana Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan yang inovatif, unggul, dan terkemuka tingkat nasional dan internasional. Selain itu bisa berperan dalam aktif dalam usaha mensejahterakan bangsa berdasar moral agama.

Selain itu, jurusan Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan memiliki 4 misi utama, yakni:

Baca juga: Siswa, Yuk Intip 7 Tips Berwirausaha di Tengah Pandemi Covid-19

 

1. Mempersiapkan lulusan yang mampu mengembangkan metode kecerdasan buatan pada sistem fisik siber (cyber physical system) yang otonomi (autonomous) pada aplikasi industri secara luas.

2. Mengembangkan penelitian baik dalam pengembangan metode dan implementasi kecerdasan buatan pada sistem fisik siber (cyber physical system) yang otonomi (autonomous) yang berorientasi pada aplikasi di dunia industri secara luas.

3. Membantu memecahkan permasalahan yang terjadi di masyarakat terutama lembaga pemerintah dan industri pada bidang Robotika dan Otomasi serta bidang Kecerdasan Buatan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.