Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hanya Ada Satu di Indonesia, Yuk Kenali 2 Jurusan Kuliah di Unair Ini

Kompas.com - 18/01/2022, 15:56 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

KOMPAS.com - Indonesia memiliki banyak perguruan tinggi negeri dan swasta berkualitas. Salah satu perguruan tinggi terbaik yang ada di Jawa Timur adalah Universitas Airlangga (Unair).

Tahukah kamu bahwa Unair memiliki dua jurusan langka. Jurusan ini bahkan hanya ada satu di Indonesia.

Dua jurusan di Unair yang hanya satu di Indonesia yaitu Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan serta jurusan Rekayasa Nanoteknologi. Kedua jurusan ini ada pada Fakultas Teknologi Maju dan Multidisiplin. Jurusan ini cocok bagi kalian yang tertarik dengan teknologi.

Baca juga: Rans Entertainment Buka Lowongan Kerja bagi Lulusan S1, Yuk Daftar

Jurusan Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan

Merangkum dari laman resmi Teknik Jurusan Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan Unair, Selasa (18/1/2021), jurusan ini membahas serba-serbi robot dan kecerdasan buatan atau artificial intelligence.

Jurusan ini fokus pada pengembangan integrasi antara robotika dan kecerdasan buatan untuk menghasilkan sistem yang cerdas (autonomous).

Jurusan ini mempunyai visi, pada tahun 2035 menjadi program studi sarjana Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan yang inovatif, unggul, dan terkemuka tingkat nasional dan internasional. Selain itu bisa berperan dalam aktif dalam usaha mensejahterakan bangsa berdasar moral agama.

Selain itu, jurusan Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan memiliki 4 misi utama, yakni:

Baca juga: Siswa, Yuk Intip 7 Tips Berwirausaha di Tengah Pandemi Covid-19

 

1. Mempersiapkan lulusan yang mampu mengembangkan metode kecerdasan buatan pada sistem fisik siber (cyber physical system) yang otonomi (autonomous) pada aplikasi industri secara luas.

2. Mengembangkan penelitian baik dalam pengembangan metode dan implementasi kecerdasan buatan pada sistem fisik siber (cyber physical system) yang otonomi (autonomous) yang berorientasi pada aplikasi di dunia industri secara luas.

3. Membantu memecahkan permasalahan yang terjadi di masyarakat terutama lembaga pemerintah dan industri pada bidang Robotika dan Otomasi serta bidang Kecerdasan Buatan.

4. Membangun jejaring kerjasama dengan pemangku kepentingan baik pemerintah dan industri maupun institusi lain di tingkat nasional dan internasional dalam pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.

Baca juga: Epidemiolog UGM Sarankan Hal Ini agar Omicron Tak Ganggu PTM Terbatas

Jurusan Rekayasa Nanoteknologi

Sementara jurusan Rekayasa Nanoteknologi mempelajari materi berukuran nano atau sangat kecil dan materi ini kemudian dimanipulasi agar tercipta benda baru dengan karakteristik sesuai keinginan.

Jurusan ini fokus pada pengembangan nanoteknologi dalam bidang medis, energi dan lingkungan, industri dan komputasi.

Jurusan ini mempunyai misi, menjadi program studi yang unggul dan terdepan dalam menyiapkan sumber daya manusia. Sekaligus pengembangan ilmu di bidang nanoteknologi medis, nanoteknologi energi dan lingkungan, industri nanoteknologi dan komputasi nanoteknologi untuk kepentingan masyarakat luas.

Baca juga: Webinar Unair Ungkap Bahaya Pembakaran Sampah Terbuka bagi Manusia

Sedangkan misi dari jurusan Rekayasa Nanoteknologi yakni bisa menyelenggarakan pendidikan sarjana program Rekayasa Nanoteknologi secara profesional dan berkualitas dengan berdasarkan perkembangan ilmu pengetahuan serta kebutuhan pasar secara global.

Selain itu juga mengembangkan ilmu pengetahuan melalui penelitian laboratorium di bidang nanoteknologi. Melaksanakan pengabdian masyarakat sebagai salah satu bentuk tanggung jawab sosial demi kesejahteraan masyarakat luas.

Adanya jurusan Rekayasa Nanoteknologi ini bisa melakukan dan meningkatkan kerjasama pendidikan dan penelitian dengan berbagai institusi baik di dalam maupun luar negeri dengan mempertimbangkan aspek kesetaraan dan keberlanjutan.

Baca juga: Mendikbud Ristek: MBKM Jadi Momentum Asah Kemampuan Mahasiswa

Itulah serba serbi dua jurusan yang ada di Unair dan menjadi satu-satunya jurusan yang ada di Indonesia. Bagi siswa kelas 12, bisa mempertimbangkan dua jurusan tersebut untuk dipilih saat melanjutkan pendidikan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com