Kompas.com - 22/01/2022, 10:31 WIB

KOMPAS.com – Sejumlah perguruan tinggi telah membuka kembali kegiatan perkuliahan. Untuk mencegah penularan Covid-19 selama kegiatan kuliah tatap muka, masing-masing perguruan tinggi memiliki kebijakan berbeda.

Institut Teknologi Bandung (ITB) termasuk perguruan tinggi yang telah membuka kembali kampus untuk kegiatan akademik.

Untuk memantau penyebaran Covid-19, ITB menyediakan aplikasi bernama AMARI atau aplikasi Mawas Diri Corona Virus Disease 2019.

Pada tahun 2021 lalu, tim AMARI ITB melakukan beberapa upaya guna pencegahan penularan Covid-19 di lingkungan ITB.

Baca juga: Dua Dosen IPB Masuk dalam Top 100 Ilmuwan Indonesia

Self-questionnaire jadi syarat masuk kampus ITB

Seperti tele-medicine (bekerja sama dengan Universitas Padjadjaran), tele-edukasi, dan pengadaan self-questionnaire untuk self-awareness responden terkait kondisinya.

"Dari tiga kegiatan tersebut, saya bertugas untuk melakukan analisis spasial dari data yang terkumpul. Khususnya dari self-questionnaire yang menjadi syarat masuk ke kampus ITB," jelas Teguh, salah satu tim AMARI ITB seperti dikutip dari laman ITB, Sabtu (22/1/2022).

Menurut Teguh, hasil analisa ini kemudian dapat dijadikan acuan bagi pihak yang berkepentingan. Seperti rektorat untuk melihat perilaku aktivitas kampus pada level gedung.

Hal ini berkaitan dengan regulasi pembatasan aktivitas (salah satunya adalah pembatasan jumlah orang yang beraktivitas di tempat yang sama).

Baca juga: Simak 4 Tips Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat dari Ditjen Dikti

Cegah terjadi kluster di ITB

Melalui aplikasi AMARI ITB, memberikan informasi gedung-gedung mana di ITB dengan indikasi aktivitas tinggi atau rendah. Sehingga dapat mengestimasi tingkat risiko penularan Covid-19 pada satu gedung akibat tingginya aktivitas di sana.

Di sisi lain, informasi ini juga bermanfaat untuk pengaturan kebijakan di ITB terkait efektivitas peraturan yang sudah dikeluarkan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.