Kompas.com - 23/01/2022, 13:31 WIB

KOMPAS.com - Perkembangan teknologi di era digital saat ini, keahlian di bidang informasi teknologi dan komunikasi sangat dibutuhkan.

Saat ini sudah banyak jurusan kuliah yang relevan dengan kebutuhan industri. Selain menciptakan berbagai inovasi di bidang informasi teknologi, keahlian mengamankan data di internet juga tak kalah pentingnya.

Apalagi banyak pihak-pihak tak bertanggung jawab atau hacker yang dengan mudah meretas data di dunia maya.

Bagi kamu yang tertarik di bidang keamanan cyber, ada jurusan kuliah Cyber Security yang bisa kamu pilih. Salah satu perguruan tinggi swasta yang menyediakan jurusan Cyber Security adalah Universitas Bina Nusantara (Binus).

Baca juga: Mahasiswa, Ini 6 Tips Sukses Menyusun CV Applicant Tracking System

Mengenal jurusan Cyber Security

Merangkum dari laman resmi Binus, Minggu (23/1/2022), kejahatan cyber saat ini terus meningkatkan dan mengancam dunia. Oleh karena itu baik pihak industri dan pemerintah membutuhkan ahli keamanan cyber untuk melawan dan bertahan dari ancaman ini.

Jurusan ini memberikan mahasiswanya keahlian teknis yang dibutuhkan untuk melawan kejahatan cyber yang makin marak saat ini.

Jurusan Cyber Security dirancang khusus untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keahlian untuk sistem dan jaringan pengujian, desain dan implementasi arsitektur pertahanan cyber di bidang keamanan cyber.

Prospek kerjanya terbuka lebar

Di masa sekarang dan masa depan, keahlian di bidang komputer masih sangat dibutuhkan oleh industri. Termasuk bagi lulusan Cyber Security, prospek kerjanya terbuka lebar. Setelah lulus dari perguruan tinggi, mahasiswa cyber security dapat berkarier di 8 bidang ini:

Baca juga: Referensi SNMPTN 2022, Ini Jurusan Sepi Peminat di UI, UGM dan ITB

1. Computer Programmer

Profesi ini bertugas dalam merancang, mengembangkan, memodifikasi, serta menguji code, form, dan script pada aplikasi komputer. Pekerjaan menjadi programmer tentunya akan sangat dibutuhkan mengingat perkembangan dunia IT yang semakin pesat.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.