Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/01/2022, 13:31 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

KOMPAS.com - Perkembangan teknologi di era digital saat ini, keahlian di bidang informasi teknologi dan komunikasi sangat dibutuhkan.

Saat ini sudah banyak jurusan kuliah yang relevan dengan kebutuhan industri. Selain menciptakan berbagai inovasi di bidang informasi teknologi, keahlian mengamankan data di internet juga tak kalah pentingnya.

Apalagi banyak pihak-pihak tak bertanggung jawab atau hacker yang dengan mudah meretas data di dunia maya.

Bagi kamu yang tertarik di bidang keamanan cyber, ada jurusan kuliah Cyber Security yang bisa kamu pilih. Salah satu perguruan tinggi swasta yang menyediakan jurusan Cyber Security adalah Universitas Bina Nusantara (Binus).

Baca juga: Mahasiswa, Ini 6 Tips Sukses Menyusun CV Applicant Tracking System

Mengenal jurusan Cyber Security

Merangkum dari laman resmi Binus, Minggu (23/1/2022), kejahatan cyber saat ini terus meningkatkan dan mengancam dunia. Oleh karena itu baik pihak industri dan pemerintah membutuhkan ahli keamanan cyber untuk melawan dan bertahan dari ancaman ini.

Jurusan ini memberikan mahasiswanya keahlian teknis yang dibutuhkan untuk melawan kejahatan cyber yang makin marak saat ini.

Jurusan Cyber Security dirancang khusus untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keahlian untuk sistem dan jaringan pengujian, desain dan implementasi arsitektur pertahanan cyber di bidang keamanan cyber.

Prospek kerjanya terbuka lebar

Di masa sekarang dan masa depan, keahlian di bidang komputer masih sangat dibutuhkan oleh industri. Termasuk bagi lulusan Cyber Security, prospek kerjanya terbuka lebar. Setelah lulus dari perguruan tinggi, mahasiswa cyber security dapat berkarier di 8 bidang ini:

Baca juga: Referensi SNMPTN 2022, Ini Jurusan Sepi Peminat di UI, UGM dan ITB

1. Computer Programmer

Profesi ini bertugas dalam merancang, mengembangkan, memodifikasi, serta menguji code, form, dan script pada aplikasi komputer. Pekerjaan menjadi programmer tentunya akan sangat dibutuhkan mengingat perkembangan dunia IT yang semakin pesat.

2. Information Security Analyst

Seseorang yang bertugas untuk mengembangkan sistem keamanan yang menjaga jaringan dan sistem suatu instansi maupun perusahaan. Semakin majunya teknologi, memicu munculnya cyber crime. Hal ini akan membuka banyak peluang kepada para sarjana cyber security untuk berkarier menjadi Information Security Analyst.

3. Big Data Architect

Seorang praktisi dalam disiplin ilmu IT yang berkaitan langsung dalam merancang, membuat, menyebarkan dan mengelola arsitektur data instansi.

4. Cyber Security Consultant

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com