Kompas.com - 23/01/2022, 21:35 WIB

KOMPAS.com - Memiliki kepribadian introvert, seringkali mendapat stigma kurang mudah bergaul dalam aspek bersosialisasi.

Ada anggapan, bahwa orang yang introvert terlalu pemalu sehingga tidak akan bisa sukses bersosialisasi di dunia luar, seperti lingkungan sekolah, kampus, kantor, atau lainnya.

Faktanya, introvert tidak sama dengan pemalu. Seorang introvert bukanlah sosok pemalu yang tidak bisa bersosialisasi.

Introvert hanya merasa lebih nyaman ketika sedang sendirian. Karena di waktu tersebut, mereka merasa lebih tenang sehingga bisa berkonsentrasi.

Baca juga: 8 Jurusan Kuliah Ini Masa Depannya Cerah, Ada Pilihanmu?

Selain itu, introvert juga seringkali memilih membatasi dirinya untuk berada dalam keramaian agar tidak cepat merasa lelah.

Jadi, bagi kamu yang berkepribadian introvert dan ingin meneruskan studi ke jenjang perguruan tinggi jangan khawatir dengan masa depanmu.

Kamu bisa mempertimbangkan berbagai hal agar masa kuliahmu terasa lebih nyaman dan menyenangkan.

Misalnya, mencari jurusan yang cocok dengan kepribadianmu. Untuk itu, melansir laman Brain Academy, ada tips bagi kamu yang introvert bisa mencari jurusan kuliah.

1. Sastra

Jurusan bagi si introvert yang pertama, adalah jurusan sastra. Sastra identik dengan membaca dan menulis. Kegiatan semacam ini tentu sangat membutuhkan ketenangan dan konsentrasi yang tinggi agar ide dan imajinasi dapat berjalan. Makanya, jurusan sastra menjadi salah satu jurusan yang tepat untuk bernaung bagi si introvert.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.