Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/01/2022, 21:35 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Memiliki kepribadian introvert, seringkali mendapat stigma kurang mudah bergaul dalam aspek bersosialisasi.

Ada anggapan, bahwa orang yang introvert terlalu pemalu sehingga tidak akan bisa sukses bersosialisasi di dunia luar, seperti lingkungan sekolah, kampus, kantor, atau lainnya.

Faktanya, introvert tidak sama dengan pemalu. Seorang introvert bukanlah sosok pemalu yang tidak bisa bersosialisasi.

Introvert hanya merasa lebih nyaman ketika sedang sendirian. Karena di waktu tersebut, mereka merasa lebih tenang sehingga bisa berkonsentrasi.

Baca juga: 8 Jurusan Kuliah Ini Masa Depannya Cerah, Ada Pilihanmu?

Selain itu, introvert juga seringkali memilih membatasi dirinya untuk berada dalam keramaian agar tidak cepat merasa lelah.

Jadi, bagi kamu yang berkepribadian introvert dan ingin meneruskan studi ke jenjang perguruan tinggi jangan khawatir dengan masa depanmu.

Kamu bisa mempertimbangkan berbagai hal agar masa kuliahmu terasa lebih nyaman dan menyenangkan.

Misalnya, mencari jurusan yang cocok dengan kepribadianmu. Untuk itu, melansir laman Brain Academy, ada tips bagi kamu yang introvert bisa mencari jurusan kuliah.

1. Sastra

Jurusan bagi si introvert yang pertama, adalah jurusan sastra. Sastra identik dengan membaca dan menulis. Kegiatan semacam ini tentu sangat membutuhkan ketenangan dan konsentrasi yang tinggi agar ide dan imajinasi dapat berjalan. Makanya, jurusan sastra menjadi salah satu jurusan yang tepat untuk bernaung bagi si introvert.

Jurusan sastra sangat beragam, mulai dari Sastra Indonesia, sastra asing, hingga sastra daerah. Adapun jurusan sastra asing yang ada di Indonesia, misalnya Sastra Inggris, Sastra Korea, Sastra Jepang, dan lain-lain.

Sementara untuk sastra daerah, ada Sastra Jawa, Sastra Sunda, Sastra Bali, dan lain-lain. Untuk prospek kerja jurusan sastra pun cukup beragam. Kamu bisa menjadi seorang penulis, penerjemah, editor, dosen, dan sebagainya.

Baca juga: Peluang Gaji Tinggi, Ini Prospek Kerja Lulusan Prodi Pertambangan

2. Desain Grafis

Kalau kamu si introvert yang punya hobi menggambar, desain grafis bisa kamu pertimbangkan sebagai daftar jurusan pilihanmu. Jurusan Desain Grafis dapat mengasah dan mengembangkan kemampuan gambarmu hingga memiliki nilai jual yang tinggi nantinya.

Ketika menekuni bidang desain grafis, kamu akan menjadi lebih “akrab” dengan komputermu untuk menghasilkan banyak karya dibandingkan dengan orang-orang yang mungkin membuatmu tidak nyaman.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com