Kompas.com - 28/01/2022, 14:56 WIB
|

KOMPAS.com - Bagi para fresh graduate (lulusan baru), tugas selanjutnya tentu mencari pekerjaan. Jika sudah mengirim lamaran kerja ke berbagai perusahaan tapi balum ada panggilan, maka bisa coba cara ini.

Yakni dengan mengikuti walk in interview. Walk in interview ialah salah satu jalan bagi para pencari kerja untuk mendapatkan kerja dengan cepat.

Tapi, apa itu walk in interview? Melansir laman kitalulus.com, walk in interview adalah jenis wawancara yang biasanya dilakukan perusahaan bila posisi yang dibutuhkan dan jumlah pelamar cukup banyak.

Baca juga: Fresh Graduate, Begini Tugas Admin Produksi dan Kisaran Gajinya

Wawancara ini bersifat terbuka dan dalam waktu dan skala khusus. Biasanya pelaksanaan interview ini lebih singkat dari biasanya.

Proses wawancara tidak hanya dilakukan di gedung perusahaan, tapi juga beberapa tempat di luar gedung perusahaan seperti di hall, hotel, mall atau tempat lainnya.

Jika biasanya kamu harus mengirim CV dan dokumen lainnya, baru mendapatkan panggilan wawancara. Dalam proses walk in interview, kamu bisa datang langsung, mengantri dan menunggu giliran wawancara.

Surat lamaran, CV, dan dokumen lainnya baru diserahkan dalam wawancara untuk memastikan apakah kamu sesuai dengan lowongan yang dibuka apa tidak.

Tips mengikuti walk in interview

Bagi yang ingin ikut walk in interview khususnya fresh graduate, maka harus paham 7 tips mengikuti walk in interview.

1. Teliti dulu iklan/infonya

Sebelum kamu datang dan membawa lamaran, ada baiknya kamu meneliti iklan lowongan kerja tersebut. Pastikan bahwa lowongan tersebut bukanlah lowongan fiktif atau juga lowongan yang berkedok yang mengharuskan kamu membayar sejumlah uang.

Jika iklan lowongan tersebut benar, selanjutnya perhatikan bidang pekerjaan dan posisi yang ditawarkan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.