Kompas.com - 18/02/2022, 11:21 WIB
|

KOMPAS.com - Sebelum ada telepon seluler (ponsel) yang canggih saat ini, dulu manusia juga punya alat untuk berkomunikasi. Tetapi masih sangat sederhana atau tradisional.

Jadi, alat komunikasi itu telah melewati sejarah yang panjang. Dari alat tradisional itu juga dapat untuk menyampaikan pesan kepada penerima. Namun tentu jangkauannya sangat sempit.

Bagi siswa sekolah yang sedang belajar mengenai alat komunikasi tradisional, maka harus paham dulu pengertian dari alat komunikasi tradisional.

Baca juga: Siswa, Ini Klasifikasi Jalan Menurut Fungsi dan Statusnya

Melansir laman Gramedia, alat komunikasi tradisional adalah media sederhana yang digunakan selama proses transmisi pesan oleh pengirim (komunikator) ke penerima (komunikan).

Biasanya alat komunikasi tradisional masih memakai metode yang manual. Hal ini dikarenakan belum ditemukannya teknologi pada masa tersebut.

Selain itu, alat komunikasi tradisional memiliki jangkauan yang terbatas. Penggunaanya hanya pada ruang lingkup lokal saja. Selain itu, persebaran informasi dengan alat komunikasi tradisional tidak bisa dilakukan dalam waktu cepat.

Alat komunikasi tradisional

  1. Asap
  2. Lukisan Prasejarah
  3. Beduk
  4. Kentungan
  5. Lonceng
  6. Burung Merpati
  7. Batu
  8. Daun Lontar
  9. Telepon Kaleng
  10. Telegraf
  11. Surat

Berikut ini 11penjelasan macam alat komunikasi tradisional:

1. Asap

Ternyata, asap pernah dimanfaatkan leluhur sebagai alat komunikasi tradisional. Dalam buku Dunia Komunikasi dan Gadget, Syerif Nurhakim menuliskan bahwa asap adalah salah satu alat komunikasi tradisional yang digunakan oleh masyarakat di beberapa belahan dunia seperti suku Indian di Amerika, bangsa Yunani, dan para tentara pada zaman Cina Kuno.

Kepulan asap yang bentuknya unik merupakan penanda dengan makna tertentu yang hanya dipahami kedua belah pihak, baik pengirim maupun penerima pesan.

Baca juga: Siswa, Ini 3 Pahlawan Nasional dari Aceh

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.