Kompas.com - 26/02/2022, 10:13 WIB

KOMPAS.com - Informatika adalah disiplin ilmu komputer yang basisnya komputasi.

Secara umum informatika mempelajari struktur, sifat, dan interaksi dari beberapa sistem yang dipakai untuk mengumpulkan data, memproses dan menyimpan hasil pemrosesan data, serta menampilkannya dalam bentuk informasi.

Bagi yang mau paham dunia informatika, maka kamu bisa memilih jurusan Teknik Informatika saat kuliah.

Jurusan Teknik Informatika merupakan ilmu yang mempelajari dan mengembangkan teknologi rekayasa perangkat lunak (software), pemrograman, kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI), jaringan komputer, komputasi cerdas, hingga manajemen cerdas informasi untuk berbagai keperluan.

Saat memilih jurusan Teknik Informatika, kamu harus tahu prospek kerja jurusan ini. Apakah dibutuhkan masa depan atau tidak?

Dilansir dari laman Binus, lulusan jurusan Teknik Informatika sangat dibutuhkan para generasi milenial di era globalisasi.

Baca juga: 8 Jurusan Langka S1 di Indonesia yang Prospek Kerjanya Tinggi

Bahkan, lulusan jurusan ini diharapkan dapat menjadi ahli dalam sistem operasi, aplikasi, dan komputer. Sehingga dapat memudahkan semua pekerjaan, karena telah didigitalisasi.

Lulusan dari jurusan ini juga banyak menjadi ahli IT yang dibutuhkan setiap perusahaan dalam mengandalkan teknologi untuk beroperasi, baik perusahaan negeri, swasta, maupun multinasional di banyak sektor industri.

Maka dari itu, jurusan Teknik Informatika cukup menarik dalam mendatangkan profesi maupun karier yang menjanjikan.

Baca juga: Banyak Dibutuhkan, Ini Prospek Kerja Jurusan Cyber Security

Berikut 5 daftar profesi karier yang bisa diperoleh dari lulusan jurusan Teknik Informatika.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.