Kompas.com - 07/03/2022, 14:39 WIB

KOMPAS.com - Seiring perkembangan zaman, literasi yang harus dimiliki siswa tidak hanya literasi dasar seperti membaca, menulis atau numerasi saja.

Perlu diketahui ada 6 literasi dasar yang harus dimiliki siswa. Yakni literasi baca-tulis, literasi numerasi, literasi sains, literasi finansial, literasi kebudayaan dan kewargaan dan terakhir yaitu literasi digital.

Kompetensi pada bidang literasi digital perlu dimiliki siswa apalagi di era digital seperti sekarang. Karena di masa yang akan datang, penguasaan teknologi menjadi sangat penting. Namun siswa juga harus dibekali pengetahuan agar bisa memanfaatkan teknologi digital dengan baik.

Melansir dari akun Instagram Direktorat Sekolah Dasar Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), Senin (7/3/2022), dari buku Budaya Bermedia Digital yang diterbitkan Kominfo pada tahun 2021, ada empat kompetensi literasi digital yang harus dimiliki siswa di era sekarang.

Baca juga: Ikut UTBK SBMPTN 2022? Cek Prodi Daya Tampung Terbanyak di Undip

Mau tahu kompetensi apa saja? Yuk simak bersama informasi berikut ini.

Kompetensi Literasi Digital

1. Digital Skills

Merupakan dasar dari kompetensi literasi digital. Digital skills sebagai pengetahuan dasar mengenai lanskap digital-internet dan dunia maya.

2. Digital Ethics

Merupakan panduan berperilaku terbaik di ruang digital membawa individu untuk dapat menjadi bagian masyarakat digital. Dapat disebut juga sebagai netiquette (etika berinternet).

Baca juga: Alpukat Bisa Turunkan Kolesterol dan Darah Tinggi? Ini Kata Pakar IPB

3. Digital Culture

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.