Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Rektor UNS untuk Siswa Tingkatkan Peluang Lolos SBMPTN 2022

Kompas.com - 10/03/2022, 10:08 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2022n akan dibuka pada 23 Maret 2022 mendatang. Untuk mengikuti SBMPTN 2022, seluruh calon peserta wajib mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

Calon peserta tentu harus memiliki persiapan ekstra agar berpeluang lolos di UTBK SBMPTN 2022.

Agar persiapan makin matang, Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Prof. Jamal Wiwoho memiliki sederet tips bagi calon peserta UTBK SBMPTN.

Baca juga: Pilihan Jurusan Kuliah Sesuai Kepribadian MBTI, Referensi SBMPTN 2022

“Siap menghadapi UTBK SBMPTN 2022 ditandai dengan usaha, kerja keras, dan tidak boleh malas saat belajar. Senantiasa membandingkan kemampuan diri sendiri. Apakah ada kemajuan atau tidak setiap harinya,” ungkap Rektor UNS, Jamal Wiwoho dilansir dari laman UNS.

Prof. Jamal menambahkan, tingkat keketatan seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) selalu tinggi dan cenderung meningkat dari tahun ke tahun. Maka, kuncinya ada pada persiapan yang baik dan matang.

Prof. Jamal, meminta calon peserta mengenali minat dan kompetensi diri, menggali PTN dan Program Studi (Prodi) beserta daya tampungnya.

Hal ini bisa dilakukan dengan melalui website Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), serta melakukan simulasi atau tryout juga perbanyak latihan soal mandiri.

“Siapa yang tidak siap, berpeluang akan kalah lebih besar. Dengan demikian, siapkan diri sebaik mungkin untuk menghadapi SBMPTN 2022 melalui jalur UTBK. Siapkan juga mental dan religi dengan baik. Senantiasa berdoa dan berusaha yang keras," ujarnya.

Baca juga: Lulusan 7 PTN Ini Cepat Dapat Kerja Versi QS 2022, Referensi SBMPTN

Ia juga meminta calon peserta bisa memilih Prodi yang cocok dan sesuai dengan kemampuan.

"Jangan mudah terbujuk rayu atau tergoda oleh orang lain. Saya doakan kalian sukses melalui jalur UTBK SBMPTN 2022,” pungkas Prof. Jamal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com