Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kolaborasi Wacom-ClassPoint, Banyak Fitur Bikin Pembelajaran Lebih Interaktif

Kompas.com - 14/03/2022, 16:47 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

KOMPAS.com - Selama melaksanakan pembelajaran jarak jauh (PJJ), guru atau tenaga pengajar harus menyampaikan materi pelajaran secara interaktif.

Hal ini bertujuan agar siswa tetap bisa menyerap ilmu dengan optimal meski tidak bertatap muka langsung dengan guru.

Keterampilan mengoperasikan berbagai perangkat digital dan software perlu dimiliki guru agar mampu memberikan materi pembelajaran yang menarik bagi para siswa.

PT Datascrip sebagai authorised distributor Wacom di Indonesia berkolaborasi dengan ClassPoint menghadirkan solusi metode pembelajaran yang lebih interaktif, efektif dan mudah.

Baca juga: Beasiswa Bagimili 2022 bagi SMA/SMK, Dapat Tunjangan dan Uang Saku

 

Menjadi media pembelajaran daring maupun luring

Wacom selama ini dikenal sebagai perangkat untuk membuat karya gambar digital. Namun bisa juga digunakan dalam proses belajar mengajar, baik secara pertemuan tatap muka atau saat belajar mengajar online.

Saat mengajar secara online ada beberapa keterbatasan seperti tidak bisa menerangkan materi menggunakan papan tulis. Kondisi ini menyebabkan berkurangnya interaksi antara siswa dan pengajar.

Hadirnya perangkat tablet digital Wacom dan aplikasi ClassPoint memudahkan proses belajar mengajar. Terutama mata pelajaran yang membutuhkan interaksi lebih seperti matematika, fisika, kimia hingga pelajaran seni menggambar.

"Layaknya menulis di buku ataupun papan tulis, Wacom memberikan keleluasaan bagi pengajar dalam menyampaikan materi dengan lebih mudah, efektif dan interaktif," terang Assistant Marketing Manager PT Datascrip Raditya Nyoardinata dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin (14/3/2022).

Baca juga: Strategi UNS Laksanakan PTM Tanpa Timbulkan Klaster Covid-19

Banyak fitur tersedia untuk memudahkan pembelajaran

Dia mengungkapkan, ClassPoint adalah sebuah software yang dikembangkan dan didesain khusus untuk memudahkan pembelajaran. Sehingga pengajar bisa mengoptimalkan proses KBM (kegiatan belajar mengajar) dengan membuat metode pembelajaran lebih menarik.

ClassPoint merupakan aplikasi yang tersambung dengan Microsoft PowerPoint sehingga memudahkan para pengajar saat memberikan presentasi atau menjelaskan materi tertentu kepada para siswa.

Ada beberapa fitur yang tersedia dalam ClassPoint, yakni membuat kuis dengan berbagai tipe pertanyaan. Seperti pilihan ganda, lawan kata, jawaban singkat, menggambar singkat, unggah gambar, hingga soal menggambar.

Sehingga fitur ini cocok digunakan di berbagai mata pelajaran. Mulai dari Matematika, Kesenian, Geografi, Ilmu Pengetahuan Alam dan lain sebagainya.

Baca juga: Self Love Penting bagi Kesehatan Mental, Ini Kata Dosen IAIN Kediri

Atasi kendala guru saat mengajar online

Saat proses belajar mengajar secara online, pengajar mengalami keterbatasan dan kesulitan ketika menyampaikan materi menggunakan perangkat mouse. Terutama saat menjelaskan dengan cara menggambar.

Perangkat digital pen tablet atau pen display dari Wacom ini berfungsi layaknya papan tulis. Sehingga pengajar dapat dengan cepat dan leluasa untuk menulis, menggambar atau memberikan coretan khusus yang secara langsung akan tampil di layar monitor siswa di rumah.

Di saat proses belajar mengajar tatap muka di sekolah, perangkat Wacom ini juga tetap bisa digunakan. Pengajar dapat menyampaikan materi dengan lebih efektif, tanpa perlu membelakangi siswa saat menulis di papan tulis.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com