Kompas.com - 20/03/2022, 13:59 WIB

KOMPAS.com - Banyak beasiswa mulai dari S1 hingga S3 di luar negeri yang ditawarkan banyak institusi.

Baik institusi pemerintah, maupun swasta. Banyaknya beasiswa dari berbagai negara, tentu memancing minat para pelajar untuk mengemban ilmu di luar negeri.

Meski begitu, tingkat persaingan beasiswa di luar negeri cukup ketat karena peminatnya dari berbagai negara.

Agar bisa tembus mendapatkan beasiswa, ada cara khusus yang dibagikan dosen Hubungan Internasional Universitas Brawijaya, Pantri Muthriana Erza Killian.

Ia sendiri menyelesaikan kuliah magister dan doktornya di luar negeri dengan akses beasiswa. Dia menyelesaikan kuliah magister di International Economics and Finance, University of Queensland Australia.

Baca juga: Djarum Beasiswa Plus 2022 untuk Mahasiswa D4/S1, Ini Syarat Lengkap

Sementara gelar doktor dia dapat di Politics and International Studies, University of Leeds Inggris. Dari pengalamannya, ia berbagi cara mendapatkan beasiswa

Lalu bagaimana agar aplikasi beasiswa kuliah luar negeri kita dapat diterima, berikut tiga tipsnya.

Menentukan substansi studi

Dalam menentukan substansi studi, Erza Killian menyarankan dua hal. Pertama menentukan topik penelitian yang akan diambil dan menyusun daftar supervisor potensial terutama bagi yang melemar beasiswa untuk doktor. Sementara untuk magister, topik penelitian akan berguna saat penyusunan tesis.

“Untuk topik penelitian yang akan diambil ada tiga hal yang harus diperhatikan yaitu originality, feasibility dan community," ucapnya, dilansir dari laman Universitas Brawijaya (UB).

Baca juga: 4 Kiat Tembus Beasiswa IISMA 2022 dari Ditjen Dikti

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.