Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Memilih Jurusan Kuliah dan Hal yang Harus Dihindari

Kompas.com - 21/03/2022, 10:41 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) 2022 telah dimulai. Tak hanya kampus swasta, tetapi kampus negeri atau PTN juga telah memulai PMB tahun ini.

Di berbagai kampus Indonesia ada banyak sekali jurusan kuliah yang ditawarkan? Dari yang favorit hingga yang langka semua ada.

Karena itu, calon mahasiswa apakah sudah menentukan jurusan kuliah yang cocok? Apa yang harus dipersiapkan agar tak salah pilih jurusan?

Baca juga: 9 Jurusan Kuliah Langka di Indonesia, Ada Pilihanmu?

Tips memilih jurusan kuliah

Melansir laman Universitas Medan Area (UMA), ini tips memilih jurusan kuliah:

1. Pahami minat dan bakat

Saat harus memilih jurusan kuliah, kamu harus menyesuaikan dengan minat dan bakat yang kamu miliki. Pemahaman yang baik akan diri sendiri inilah yang dapat membuat kita bertahan menghadapi berbagai tantangan saat belajar tentang ilmu dan skills baru di bangku kuliah nanti.

2. Lakukan riset

Cara atau tips memilih jurusan kuliah berikutnya ialah dengan melakukan riset. Ketahui sebanyak-banyaknya jurusan kuliah yang ada.

Pelajari masing-masing bidang ilmunya, prospek alumninya, dan hal-hal lain yang dirasa penting untuk diketahui.

Bandingkan daftar jurusan kuliah yang ada padamu. Langkah-langkah ini bisa membantumu menjatuhkan pilihan jurusan kuliah. Cara ini pun bisa diterapkan saat kita punya sebaris daftar jurusan kuliah untuk dipilih, entah itu pilihan diri sendiri atau “rekomendasi” ortu.

3. Konsultasi dengan orang berpengalaman

Jika kamu masih duduk di bangku SMA/Sederajat, maka kamu bisa konsultasi ke guru BK. Atau bisa pula bertanya ke psikolog pendidikan. Mereka yang memiliki pengalaman dan kapasitas dapat memberi kita sudut pandang dan pengetahuan yang baru.

Lebih baik lagi bila kita dapat mengombinasikan dua cara memilih jurusan kuliah ini bersamaan. Gunakan hasil riset sebagai bahan diskusi.

Baca juga: 5 Jurusan Kuliah untuk Anak IPS Berikut Prospek Kerjanya

Hal yang harus dihindari saat pilih jurusan

1. Jangan karena prospek masa depan

Tentu, kamu pernah dapat saran jika Jurusan Akuntansi, Aktuaria, Bea Cukai maupun jurusan-jurusan kuliah lain yang terkait dengan keuangan sering dianggap berprospek cerah.

Beberapa jurusan memang membekali kita dengan ilmu, kemampuan, dan kecakapan untuk menyandang profesi tertentu. Tetapi bukan berarti kemampuan pada bidang tersebut itulah yang semata-mata membuat kita mendadak sukses di masa depan.

Ada banyak faktor yang mempengaruhi kesuksesan karir seseorang. Jurusan kuliah dan prospek yang ditawarkannya tak sesederhana penambahan bilangan bulat. Memilih jurusan kuliah yang membuat orang lain tampil mentereng takkan serta merta membuat masa depan kita sama cerah berkilaunya.

2. Jangan terpaku nilai pelajaran

Di sekolah misalnya mata pelajaran yang rata-rata nilainya bagus adalah Matematika, apakah kamu akan memilih kuliah di Jurusan Matematika?

Tentu belum tentu benar, sebab Matematika digunakan juga di Jurusan Aktuaria dan Statistika, misalnya. Bahkan, ada pula Jurusan Pendidikan Matematika. Pilihan jurusan kuliahmu tidak terbatas pada Jurusan Matematika di FMIPA.

Baca juga: Yuk Intip Prospek Kerja Ilmu Komunikasi

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com