Kompas.com - 21/03/2022, 10:41 WIB
|

KOMPAS.com - Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) 2022 telah dimulai. Tak hanya kampus swasta, tetapi kampus negeri atau PTN juga telah memulai PMB tahun ini.

Di berbagai kampus Indonesia ada banyak sekali jurusan kuliah yang ditawarkan? Dari yang favorit hingga yang langka semua ada.

Karena itu, calon mahasiswa apakah sudah menentukan jurusan kuliah yang cocok? Apa yang harus dipersiapkan agar tak salah pilih jurusan?

Baca juga: 9 Jurusan Kuliah Langka di Indonesia, Ada Pilihanmu?

Tips memilih jurusan kuliah

Melansir laman Universitas Medan Area (UMA), ini tips memilih jurusan kuliah:

1. Pahami minat dan bakat

Saat harus memilih jurusan kuliah, kamu harus menyesuaikan dengan minat dan bakat yang kamu miliki. Pemahaman yang baik akan diri sendiri inilah yang dapat membuat kita bertahan menghadapi berbagai tantangan saat belajar tentang ilmu dan skills baru di bangku kuliah nanti.

2. Lakukan riset

Cara atau tips memilih jurusan kuliah berikutnya ialah dengan melakukan riset. Ketahui sebanyak-banyaknya jurusan kuliah yang ada.

Pelajari masing-masing bidang ilmunya, prospek alumninya, dan hal-hal lain yang dirasa penting untuk diketahui.

Bandingkan daftar jurusan kuliah yang ada padamu. Langkah-langkah ini bisa membantumu menjatuhkan pilihan jurusan kuliah. Cara ini pun bisa diterapkan saat kita punya sebaris daftar jurusan kuliah untuk dipilih, entah itu pilihan diri sendiri atau “rekomendasi” ortu.

3. Konsultasi dengan orang berpengalaman

Jika kamu masih duduk di bangku SMA/Sederajat, maka kamu bisa konsultasi ke guru BK. Atau bisa pula bertanya ke psikolog pendidikan. Mereka yang memiliki pengalaman dan kapasitas dapat memberi kita sudut pandang dan pengetahuan yang baru.

Lebih baik lagi bila kita dapat mengombinasikan dua cara memilih jurusan kuliah ini bersamaan. Gunakan hasil riset sebagai bahan diskusi.

Baca juga: 5 Jurusan Kuliah untuk Anak IPS Berikut Prospek Kerjanya

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.