Kompas.com - 21/03/2022, 14:30 WIB

 

KOMPAS.com - Belajar geologi atau studi mengenai bumi dan fenomena yang terjadi di dalamnya bisa menjadi pelajaran yang menarik bagi anak-anak.

Mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) yang tergabung dalam tim Acala ITB menggagas permainan edukatif untuk mengenalkan geologi kepada anak usia dini dengan konsep montessori.

“Nama tim ini senada dengan produk yang kami buat. Jadi, Acala adalah kit permainan edukatif untuk mengenalkan geologi kepada anak-anak usia dini menggunakan pendekatan montessori yang melibatkan stimulasi sensori. Tujuannya untuk meningkatkan pengalaman belajar dan meningkatkan rasa keingintahuan anak,” jelas Aldy, sapaan Reinaldy Ramli dilansir dari laman ITB.

Baca juga: 7 Tanda Anak Cerdas dan Berpotensi Punya IQ Tinggi

Ia mengatakan, timnya terdiri dari Adelia Kurniadi, Yanuar Atha, Nanda Fery (Teknik Geologi '18), serta Nisrina Bahiyah (Pascasarjana Teknik Geologi '20) sebagai supervisor.

Acala terdiri dari dua produk yakni Acala Memory Set, atau sebuah set kartu yang memperkenalkan warisan geologi Indonesia.

Kartu tersebut dapat dimainkan bersama dan memiliki barcode yang dapat digunakan untuk mengakses informasi.

Tim ini juga memiliki produk kedua bernama Acala Excavation Kit, yang memberikan pengalaman simulasi penggalian fosil moluska dan invertebrata asli Indonesia yang tersembunyi di dalamnya.

Keunggulan produk Acala, yakni dapat memberikan stimulasi pada otak anak dan meningkatkan pengalaman belajar.

Hal itu sangat mendukung tumbuh kembang anak-anak usia dini yang memiliki kecenderungan untuk bermain.

Baca juga: Orangtua, Ini Dampak Bila Sering Memarahi Anak Saat Belajar

Metode montessori yang menggunakan pendekatan sensori dipilih agar bisa menciptakan atmosfer pembelajaran yang menyenangkan untuk anak-anak.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.