Kompas.com - 22/03/2022, 17:19 WIB

KOMPAS.com - Ketua Program Studi (Prodi) Manajemen Industri IPB University, Purana Indrawan mengatakan bahwa kompetensi dari lulusan Program Studi Manajemen Industri sangat diperlukan di berbagai industri atau perusahaan yang terdapat proses produksi.

“Prodi ini diperlukan di setiap industri atau perusahaan produksi karena mahasiswa mempelajari cara menjembatani keteknikan dan manajemen. Seperti pengecekan barang, jumlah barang yang dipesan, waktu pemesanan, penyusunan barang dan sebagainya. Selain itu kita juga mempelajari strategi dan pemecahan masalah dalam suatu perusahaan,” tuturnya seperti dilansir dari laman IPB.

Menurutnya, kompetensi tersebut selaras dengan prospek kerja dari lulusan Program Studi Manajemen Industri yakni Production Planing and Inventory Control (PPIC), quality engineering, rekayasa industri dan bidang logistik.

Baca juga: Biaya Kuliah Kedokteran 2022: UGM, UI, Undip, Unpad

Ia menjelaskan, Manajemen Industri adalah suatu irisan untuk menghubungkan permasalahan dalam keteknikan kemudian dikelola dengan sistem manajemen.

Pasalnya, selama berkuliah, mahasiswa mempelajari cara merancang, merencanakan, mengendalikan sebuah sistem produksi, baik dalam industri manufaktur maupun industri jasa.

"Tujuannya untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas suatu sistem produksi,” ujar Purana.

Ilmu yang dipelajari, lanjut dia, meliputi perencanaan, koordinasi dan juga pengaturan sumber daya baik sumber daya manusia, sumber daya perusahaan dan sumber daya lainnya. Industri di sini dapat diartikan sebagai aktivitas pengolahan bahan baku menjadi bentuk jadi atau bisa disebut sebagai kegiatan sistem produksi.

Di IPB University, Prodi Manajemen Industri merupakan salah satu prodi yang terdapat di bawah naungan Sekolah Vokasi IPB University. Prodi ini sudah mendapatkan predikat akreditasi Unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) dan sangat diperlukan dalam dunia industri.

Baca juga: Biaya Kuliah S1 UGM Jalur SNMPTN, SBMPTN dan Jalur Mandiri

Lanjutnya, pembelajaran yang dilakukan pada Program Studi Manajemen Industri IPB didukung oleh fasilitas yakni laboratorium sistem produksi dan laboratorium komputer

“Selain kegiatan praktikum di laboratorium, kegiatan praktikum juga dilakukan di lapangan yakni pada suatu industri atau perusahaan. Mahasiswa diberikan modul untuk melakukan pembelajaran. Di sana mereka mempelajari pengelolaan dalam proses produksi dan dihadapkan pada suatu masalah untuk dicarikan solusinya,” ungkapnya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.