Kompas.com - 27/03/2022, 14:29 WIB

KOMPAS.com - Sebagai negara tropis, Indonesia memiliki banyak sekali jenis buah-buahan dan sayuran. Seperti diketahui, mengonsumsi banyak buah dan sayur sangat dianjurkan karena sangat bagus untuk kesehatan tubuh.

Saat memakan buah atau sayur, ada beberapa jenis buah yang harus dikupas dulu kulitnya, baru bisa dikonsumsi.

Namun tahukah kamu bahwa ada beberapa jenis buah dan sayur yang lebih banyak kandungan nutrisinya apabila kulitnya tidak dikupas.

Mau tahu buah apa saja yang kulitnya justru tidak boleh dikupas? Melalui akun Instagram resminya, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), Minggu (27/3/2022) membagikan informasi mengenai buah dan sayur yang tidak boleh dikupas kulitnya.

Baca juga: Begini Cara Olah Mawar untuk Skincare ala STIKES Muhammadiyah Klaten

Buah dan sayur yang baik jika kulitnya tidak dikupas

Meski kandungan nutrisinya lebih bagus saat tidak dikupas, namun perlu diingat bahwa sebelum dikonsumsi, buah dan sayur harus dicuci hingga bersih dengan air mengalir.

1. Apel

Kuliah buah apel mengandung pektin, serat larut yang bermanfaat menurunkan kadar kolestrol jahat dan gula darah. Pektin juga lebih lambat dicerna sehingga perut lebih lama merasa kenyang.

2. Wortel

Kulit wortel berpotensi membunuh sel kanker dalam uji coba laboratorium. Zat tersebut juga memiliki kandungan antijamur, antibakter serta antiperadangan.

Baca juga: Beasiswa Djarum Plus bagi Mahasiswa D4/S1, Raih Tunjangan Rp 12 Juta

3. Kentang

Halaman:


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.