Kompas.com - 01/04/2022, 05:35 WIB

KOMPAS.com - Memasuki bulan April 2022, Observatorium Astronomi Itera Lampung (OAIL) akan menggadakan pengamatan Hilal Ramadhan 1443 H/2022.

Pengamatan ini akan dilakukan Jumat (1/4/2022). Pengamatan yang bekerjasama dengan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung tersebut dipusatkan di Stasiun Pengamatan Bulan Internasional ITERA dengan memanfaatkan Teleskop Ofyar Z Tamin (OZT)-ALTS Institut Teknologi Sumatera (Itera).

Kepala UPT Observatorium Astronomi Itera Lampung, Hakim L. Malasan mengatakan, penanggalan awal bulan Hijriah ditandai dengan terlihatnya (atau terhitung dapat terlihatnya) bulan sabit muda (hilal) pada saat Matahari tenggelam tanggal 29 bulan Hijriah.

Jika pada tanggal 29 tersebut tidak teramati hilal atau terhitung tidak mungkin teramati. Maka tanggal pada bulan Hijriah akan digenapkan menjadi 30 hari.

Baca juga: PAMA Buka Lowongan Kerja Lulusan S1 Banyak Jurusan, Ayo Daftar

Pengamatan hilal akan dilakukan tim OAIL

Pada tahun 2022, 29 Sya’ban 1443 H bertepatan pada tanggal 1 April 2022 sehingga OAIL Itera akan melakukan pengamatan hilal Ramadhan pada hari tersebut.

Diperkirakan konjungsi toposentrik terjadi pada tanggal 1 April 2022 pada pukul 14:13 WIB.

"Sementara Matahari terbenam di Bandar Lampung pada pukul 18:05 WIB, dan Bulan akan berada di atas horizon barat dengan umur Bulan 3 jam 53 menit," papar Hakim seperti dikutip dari laman resmi Itera, Jumat (1/4/2022).

Hakim menambahkan, pengamatan hilal akan dilakukan oleh tim OAIL merupakan rangkaian agenda Open House OAIL2022 yang diselenggarakan sejak 28 Maret 2022 hingga 1 April 2022.

Gunakan teleskop canggih OZT-ALTS

Sementara dalam pengamatan hilal akan menggunakan teleskop OZT-ALTS untuk pertama kalinya dalam pengamatan hilal Ramadhan di tahun 1443H/2022M.

Baca juga: 3 Siswa Raih Golden Ticket ITS Jalur SNMPTN 2022, Intip Prestasinya

Sebuah teleskop yang namanya diambil dari nama rektor pertama Itera Alm. Prof. Ofyar Z Tamin.

Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.