Kompas.com - 10/04/2022, 12:37 WIB

KOMPAS.com - Menjadi salah satu perguruan tinggi negeri terbaik di Indonesia, banyak siswa ingin kuliah di Universitas Gadjah Mada (UGM).

Selain bisa mendaftar di jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Ujian Tertulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK SBMPTN), siswa juga bisa mendaftar di UGM melalui jalur Prestasi.

Pada tahun ajaran 2022/2023, UGM membuka 4 jalur Prestasi. Melansir dari laman resmi UGM, Minggu (10/4/2022), 4 jalur prestasi yang disediakan UGM tahun 2022 antara lain Penelusuran Bibit Unggul Tidak Mampu, Penelusuran Bibit Unggul Kemitraan 2022, Penelusuran Bibit Unggul Berprestasi 2022 dan Penelusuran Bibit Unggul SMA/MA/SMK khusus Sekolah Vokasi 2022. Jalur prestasi UGM 2022 ini masih dibuka hingga 13 April 2022

Berikut Kompas.com rangkumkan persyaratan dan prosedur pendaftaran untuk mendaftar UGM di jalur Prestasi. Mari simak bersama informasi berikut ini. 

Baca juga: J Resources Buka Lowongan Fresh Graduate Development Program

1. Penelusuran Bibit Unggul Tidak Mampu (PBUTM)

  • Jalur seleksi ini diselenggarakan sebagai bentuk kepedulian UGM terhadap siswa dengan kemampuan akademik tinggi tetapi kurang beruntung secara ekonomi dengan kriteria: Kepemilikan program bantuan pendidikan nasional dalam bentuk Kartu Indonesia Pintar (KIP); Berasal dari keluarga peserta Program Keluarga Harapan (PKH).
  • Keluarga pemegang Kartu Keluarga Sejahtera (KKS)
  • Dari panti sosial/panti asuhan, atau dari keluarga yang masuk pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). 
  • Pendapatan kotor gabungan orang tua/wali (suami istri) maksimal sebesar Rp 4 juta per bulan dan/atau pendapatan kotor gabungan orang tua/wali dibagi jumlah anggota keluarga maksimal Rp 750.000 setiap bulannya.
  • Pendidikan orangtua/wali setinggi-tingginya Sarjana (S1) atau Sarjana Terapan (D4).

Mahasiswa yang diterima melalui jalur seleksi ini akan memperoleh beasiswa UKT selama 8 semester, apabila memenuhi persyaratan yang ditetapkan dan akan dievaluasi setiap tahun.

Persyaratan

  • Warga Negara Indonesia.
  • Pendaftar memiliki kemampuan akademik tinggi dan berasal dari keluarga kurang beruntung secara ekonomi.
  • Merupakan siswa/siswi tahun terakhir di SMA/SMK/MA atau sederajat pada tahun ajaran 2021/2022 (lulus pada tahun 2022).
  • Memiliki nilai kognitif yang tuntas (di atas KKM) pada rapor untuk semua mata pelajaran, mulai semester 1 sampai semester 5, atau semester 1 sampai semester 7 (bagi SMK program 4 (empat) tahun.
  • Diusulkan oleh Kepala Sekolah dan merupakan 25 persen siswa/siswi terbaik di kelasnya pada semester 1 sampai semester 5, atau semester 1 sampai semester 7 bagi SMK program 4 tahun, dibuktikan dengan surat keterangan yang ditandatangani oleh kepala sekolah untuk masing-masing pendaftar.
  • Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studi yang dipilih.

Baca juga: Orangtua, Ini Cara Membiasakan Anak Patuh Prokes Saat Pandemi Covid-19

Prosedur pendaftaran

  • Membuat akun pendaftaran melalui laman https://um.ugm.ac.id/pendaftaran dan login ke laman tersebut untuk mengisi formulir pendaftaran secara online. Pendaftar berhak memilih 2 (dua) Program Studi pada Program Sarjana (S1) dan/atau Sarjana Terapan (D4), urutan pilihan menunjukkan prioritas.
  • Mengisi biodata dan mengunggah semua dokumen yang menjadi syarat, kemudian mengunci data untuk memperoleh kode pembayaran.
  • Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 25.000 sesuai petunjuk pembayaran yang ada di akun pendaftaran dengan menggunakan kode pembayaran yang telah diperoleh.
  • Mencetak Bukti Pendaftaran online, melalui akun pendaftaran masing-masing.
  • Melihat pengumuman hasil seleksi pada tanggal 19 Mei 2022.

2. Penelusuran Bibit Unggul Kemitraan 2022 (PBUK)

Jalur seleksi ini ditujukan bagi putra-putri daerah yang memiliki komitmen tinggi dalam pembangunan, diusulkan dan dibiayai sepenuhnya oleh Pemerintah Daerah (Pemda)/institusi pemerintah dan/atau perusahaan yang kredibel sebagai bentuk kepedulian UGM terhadap pembangunan SDM.

Program kemitraan ini mensyaratkan adanya Nota Kesepahaman (MoU)/perjanjian kerja sama antara mitra dengan UGM. Mitra yang dimaksud dalam program ini adalah Pemda/institusi pemerintah dan/atau perusahaan yang sudah melakukan kerja sama di bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi (pendidikan/penelitian/pengabdian kepada masyarakat).

Persyaratan

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.