Kompas.com - 14/04/2022, 08:03 WIB

KOMPAS.com - Ada dua Program Studi (Prodi) Universitas Gadjah Mada (UGM) yang menempati peringkat 47 di dunia dan peringkat 1 nasional. Tentu menjadikan UGM sebagai salah satu universitas terbaik di Indonesia.

Prodi tersebut adalah Agama dan Lintas Budaya (CRCS) dan Prodi S3 Inter-religious Studies (IRS) Sekolah Pascasarjana (SPs) Universitas Gadjah Mada (UGM) yang masuk dalam Capaian Bidang Studi Theology, Divinity & Religious Studies.

Hal itu terbukti dalam hasil pemeringkatan The Quacquarelli Symonds World University Ranking (QS WUR) by Subject dalam merilis pemeringkatan bidang studi dan universitas tahun 2022 pada Rabu 6 April 2022 lalu.

Baca juga: 5 Jurusan Hukum Terbaik Indonesia Versi QS WUR 2022, Unair Peringkat 1

Seperti diketahui, di bawah rumpun Art and Humanities, bidang studi Theology, Divinity & Religious Studies di UGM menempati peringkat 47 di dunia dan peringkat 1 nasional.

Dekan Sekolah Pascasarjana Prof. Siti Malkhamah, mengatakan capaian ini merupakan capaian bersama, berkat kerja sama dengan berbagai fakultas dan pimpinan universitas serta kerja sama dengan berbagai mitra.

"Kita tentu bersyukur ada dua prodi yang melakukan kegiatan pembelajaran bertaraf internasional mendapat pengakuan dari QS WUR," kata Siti, dilansir dari laman UGM.

Baca juga: Anak Autis Punya 3 Kesulitan Ini, Psikolog UGM Beri Cara Mengatasinya

Seperti diketahui, dua program studi agama (religious studies) di Sekolah Pascasarjana UGM adalah prodi pada tingkat S2 Agama dan Lintas Budaya (ALB) atau sering disebut CRCS (Centre for Religious and Cross-cultural Studies).

Sedangkan Prodi S3 Inter Religious Studies (IRS) diselenggarakan oleh Indonesian Consortium for Religious Studies (ICRS), sebuah konsorsium yang terdiri dari UGM, UIN Sunan Kalijaga dan Universitas Kristen Duta Wacana.

“Komposisi mahasiswa di kedua prodi ini berasal dari berbagai macam latar belakang suku dan agama, dari dalam dan luar Indonesia dengan pengajar yang berlatar belakang yang beragam pula,” katanya.

Siti Malkhamah menyebutkan, posisi peringkat 47 dunia pada pemeringkatan QS WUR, UGM mendapat total nilai 72.4.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.