Kompas.com - 14/04/2022, 14:37 WIB
|

KOMPAS.com - Ketika sudah memasuki semester akhir atau atas, mahasiswa sering dilanda stres. Apalagi yang sudah menyelesaikan tugas akhir atau skripsi.

Karena itu, dibutuhkan upaya agar mahasiswa tetap semangat hingga lulus kuliah. Terkait hal itu, Universitas Ahmad Dahlan (UAD) mengadakan acara Kita Talk episode 48 dengan mengusung tema “Melawan Stres di Semester Atas”.

Adapun narasumbernya adalah Risdatul Rahmah dan Hindriyati Muhamat yang keduanya merupakan mahasiswa dari Program Studi Psikologi UAD Angkatan 2017.

Baca juga: UNS Bakal Syaratkan Kepesertaan JKN-KIS untuk Mahasiswa Baru

Melansir laman UAD, Selasa (12/4/2022), Hindri memaparkan bahwa hal yang dilakukan mahasiswa di semester akhir biasanya akan lebih fokus untuk menyelesaikan tugas akhir yaitu skripsi.

"Pada masa ini waktu luang lebih banyak karena jumlah Satuan Kredit Semester (SKS) sudah berkurang. Sehingga kesempatan ini biasanya saya manfaatkan untuk mencari referensi tugas akhir dan mencari lowongan magang maupun pekerjaan," ujarnya.

Tips mengatasi stres

Hindri mengatakan, stres adalah adanya suatu tekanan yang didapatkan dari luar sehingga berisiko terhadap mental dan fisik.

Keadaan semacam ini akan berdampak pada stres yang membuat diri tidak bersemangat, pola hidup terganggu, dan kurangnya motivasi diri.

Biasanya kekhawatiran yang muncul di semester akhir adalah saat sidang skripsi, karena tanpa disadari saat menghadap dosen penguji ada suatu hal yang membuat lupa karena terlalu panik atau cemas.

Atau saat menentukan rencana ke depan yang akan dilakukan nantinya. Selain mengerjakan skripsi, ia juga mengikuti latihan silat secara rutin.

Baca juga: 5 Cara Hadapi Stres pada Anak Saat Pandemi

"Bagi saya, melakukan hal yang kita sukai menjadi obat yang ampuh saat jenuh menyelesaikan skripsi. Namun, perlu diingat kita harus bisa membagi waktu antara keduanya," terangnya.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.