Kompas.com - 15/04/2022, 09:09 WIB
|

KOMPAS.com - Salah satu jurusan tertua di SMK adalah Tata Busana. Tentu karena jurusan ini sudah ada sejak era sekolah kewanitaan pada masa kolonial Belanda.

Sehingga menjadi salah satu cikal bakal dari SMK saat ini. Selain itu, jurusan ini banyak digandrungi karena punya prospek kerja yang menarik.

Di sekolah, siswa jurusan tata busana ini disiapkan agar mampu merancang dan membuat busana, semisal dari memilih bahan, membuat pola, dan menjahit. Meski “dikondisikan” untuk mahir membuat busana, tetapi prospek kerja jurusan ini tidak hanya menjadi fashion designer saja.

Baca juga: ITS Jaring 2.097 Siswa Berprestasi di Fakultas Vokasi, Kuota Hanya Segini

Menurut Kepala SMKN 1 Pringapus, Jawa Tengah, Farida Fahmalatif, prospek kerja lulusan tata busana cukup luas dan beragam.

SMKN 1 Pringapus sendiri merupakan SMK Pusat Keunggulan (PK) untuk bidang tata busana yang sudah menghasilkan sejumlah produk busana.

Melansir laman Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Jumat (8/4/2022), ini 7 prospek kerja lulusan tata busana:

Prospek kerja lulusan tata busana

1. Desainer fesyen

Dian Pelangi menjadi contoh lulusan SMK yang sukses berkarir sebagai desainer fesyen. Selain merancang busana, seorang desainer fesyen juga bisa melebarkan sayap dengan merancang produk fesyen lain, seperti tas dan sepatu.

2. Fashion stylist

Untuk profesi ini bertugas menata penampilan seseorang, mulai dari busana yang cocok dikenakan, bagaimana padu padannya, hingga pilihan aksesoris untuk melengkapi tampilan secara keseluruhan.

Baca juga: Ditjen Diksi: Pendidikan Vokasi Kini Harus Jadi Pilihan Pertama

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.